PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
Keywords:
pengembangan bahan ajar; Matematika Ekonomi; motivasi; hasil belajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan bahan ajar matematika ekonomi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar rmahasiswa pendidikan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas, sebagai kelas eksperimen (yang mendapat perlakukan) dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada kelas matematika ekonomi yaitu kelas 2022 A dan kelas 2022 B. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 34 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini adalah: terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan treatment (pengembangan bahan ajar berupa modul). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan bahan ajar matematika ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi, 2) pengembangan bahan ajar matematika ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi
Kata Kunci: pengembangan bahan ajar; Matematika Ekonomi; motivasi; hasil belajar
References
Y. D. Sadewo, P. D. Purnasari, and S. Muslim, “Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika,” Inov. Pembang. J. Kelitbangan, vol. 10, no. 01, pp. 15–28, 2022, doi: 10.35450/jip.v10i01.269.
G. Gunawan, L. Kustiani, and L. S. Hariani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 12, no. 1, pp. 14–22, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840.
S. Adiputra and M. Mujiyati, “Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis,” Konselor, vol. 6, no. 4, p. 150, 2017, doi: 10.24036/02017648171-0-00.
K. Hakan and E. Münire, “Academic Motivation: Gender, Domain and Grade Differences,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 143, pp. 708–715, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.469.
D. A. Ofori et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Molecules, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201.
I. Sari, “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris,” Manaj. Tools, vol. 9, no. 1, pp. 41–52, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.
E. Setyawati, S. Suratno, and S. Sofyan, “Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Smpn 30 Muaro Jambi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 1043–1053, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1343.
A. Aurora and H. Effendi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang,” J. Tek. Elektro Vokasional, vol. 5, no. 2, pp. 11–16, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.
R. N. Friantini, R. Winata, and J. I. Permata, “PENGEMBANGAN MODUL KONTEKSTUAL ARITMATIKA SOSIAL,” vol. 04, no. 02, pp. 562–576, 2020.
F. Cristiyantoro, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kolega Dan Pelanggan Kompetensi Dasar Memelihara Standar Penampilan Pribadi Pada Siswa Kelas X-3 Administrasi Perkantoran Di Smkn 2 Kediri,” J. Adm. Perkantoran, pp. 1–15, 2010, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9322.
D. A. Nugraha, A. Binadja, and Supartono, “Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivis,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 27–34, 2013, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/1289/1250.
M. E. Eka Saputri and I. B. Oktarin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi,” J. Teknol. Pendidik., vol. 12, no. 2, p. 155, 2019, doi: 10.24114/jtp.v12i2.15230.
R. Nafaida, A. Halim, and S. Rizal, “Pengembangan Modul Berbasis PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 03, no. 01, pp. 181–185, 2015.