PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • Ridaul Innayah Innayah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Hendra Purwanto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Handaru Indrian Sasmito Adi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

pengembangan bahan ajar; Matematika Ekonomi; motivasi; hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan bahan ajar matematika ekonomi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar rmahasiswa pendidikan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas, sebagai kelas eksperimen (yang mendapat perlakukan) dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol (tidak mendapat perlakuan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pada kelas matematika ekonomi yaitu kelas 2022 A dan kelas 2022 B. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 34 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Kemudian data penelitian ini dianalisis dengan uji statistik yaitu uji t. Hasil dari penelitian ini adalah: terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan treatment (pengembangan bahan ajar berupa modul). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan bahan ajar matematika ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi, 2) pengembangan bahan ajar matematika ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar; Matematika Ekonomi; motivasi; hasil belajar

References

Y. D. Sadewo, P. D. Purnasari, and S. Muslim, “Filsafat Matematika: Kedudukan, Peran, Dan Persepektif Permasalahan Dalam Pembelajaran Matematika,” Inov. Pembang. J. Kelitbangan, vol. 10, no. 01, pp. 15–28, 2022, doi: 10.35450/jip.v10i01.269.

G. Gunawan, L. Kustiani, and L. S. Hariani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 12, no. 1, pp. 14–22, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840.

S. Adiputra and M. Mujiyati, “Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis,” Konselor, vol. 6, no. 4, p. 150, 2017, doi: 10.24036/02017648171-0-00.

K. Hakan and E. Münire, “Academic Motivation: Gender, Domain and Grade Differences,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 143, pp. 708–715, 2014, doi: 10.1016/j.sbspro.2014.07.469.

D. A. Ofori et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Molecules, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020, [Online]. Available: http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201.

I. Sari, “Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris,” Manaj. Tools, vol. 9, no. 1, pp. 41–52, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/191.

E. Setyawati, S. Suratno, and S. Sofyan, “Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Smpn 30 Muaro Jambi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 1043–1053, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1343.

A. Aurora and H. Effendi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang,” J. Tek. Elektro Vokasional, vol. 5, no. 2, pp. 11–16, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/index.

R. N. Friantini, R. Winata, and J. I. Permata, “PENGEMBANGAN MODUL KONTEKSTUAL ARITMATIKA SOSIAL,” vol. 04, no. 02, pp. 562–576, 2020.

F. Cristiyantoro, “Pengembangan Modul Pembelajaran Kolega Dan Pelanggan Kompetensi Dasar Memelihara Standar Penampilan Pribadi Pada Siswa Kelas X-3 Administrasi Perkantoran Di Smkn 2 Kediri,” J. Adm. Perkantoran, pp. 1–15, 2010, [Online]. Available: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9322.

D. A. Nugraha, A. Binadja, and Supartono, “Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivis,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 27–34, 2013, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/1289/1250.

M. E. Eka Saputri and I. B. Oktarin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi,” J. Teknol. Pendidik., vol. 12, no. 2, p. 155, 2019, doi: 10.24114/jtp.v12i2.15230.

R. Nafaida, A. Halim, and S. Rizal, “Pengembangan Modul Berbasis PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 03, no. 01, pp. 181–185, 2015.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Innayah, R. I., Purwanto, H., & Sasmito Adi, H. I. (2023). PENGARUH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA EKONOMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Prosiding SNasPPM, 8(1), 65–70. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2241