PENENTUAN FAKTOR PERBAIKAN KUALITAS BERDASARKAN KEINGINAN PELANGGAN GUNA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN TENUN ATBM “KODOK NGOREK” KEDIRI

Authors

  • ASTRIA HINDRATMO UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA
  • ONNY PURNAMAYUDHIA Universitas Wijaya Putra
  • NAVIK KHOLILI Universitas Wijaya Putra

Abstract

UMKM ATBM “Kodok Ngorek” merupakan salah satu perusahaan kerajinan tenun di Kampung Tenun Ikat Bandar Kidul kota Kediri. Berlokasi di sentra kerajinan tenun ikat, tentu saja perusahaan mempunyai banyak pesaing khususnya Perusahaan ATBM yang lain. Oleh karena itu, Perusahaan ATBM “Kodok Ngorek” harus terus meningkatkan penjualan produknya untuk tetap bisa bertahan di pasar dan bersaing dengan perusahaan kain tenun lainnya. Namun hingga saat kualitas produk yang belum sesuai dengan keinginan pelanggan serta kurang inovasi dalam merancang strategi penjualan produk. Selain itu juga strategi penjualan produk masih kurang inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahan tersebut mengakibatkan penjualan kain tenun belum meningkat secara signifikan tiap bulannya. Tujuan penelitian ini akan menentukan usulan perbaikan kualitas produk kain tenun yang sesuai keingnan pelanggan guna meningkatkan penjualan kain tenun produksi UMKM Tenun ATBM “Kodok Ngorek” Kediri. Penelitian ini akan berfokus pada peningkatan faktor kualitas produk yang bebasis customer oriented dan faktor perbaikan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Quality Function Deployment (QFD) dan Importance Performance Analysis (IPA). Data dalam penelitian ini didaptkan dari hasil wawancara, kuesioner, hingga jurnal penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan 3 atribut kualitas kain tenun ATBM “Kodok Ngorek” yaitu meningkatkan desain/atau motif tenun yang inovatif, perlunya menyesuaikan kualitas kain dengan harga yang lebih bersaing dengan harga pesaing, dan perlunya menghasilkan kain tenun yang lentur dan tidak kaku.

References

R. R. Purwaningsih, and N. A. Haryono, "Sumber Daya Manusia, Operasional, Pemasaran, Dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Kinerja UMKM Di Kota Surabaya," Dinamika Ekonomi Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol.12, no. 2, 2019.

H.Yasin, H.S. Nugraha, and Darwanto, "Peningkatan Tata Kelola UKM melalui Strategi Perbaikan Standar Mutu (Kasus UKM Tenun Ikat Troso Kabupaten Jepara)," in Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Peran Industri Kreatif Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, 2015.

A. Halim, "Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju, Growth," Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, vol.1, no.2, 2020.

Y. R. Suci , "Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia," Jurnal Ilmiah Universitas Pasir Pengaraian Cano Ekonomos, vol. 6, no.1, pp. 51-58, 2017.

BPS, "Data Produk Domestik Regional Bruto," 2015. http://www .bps. go.id/

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, "UMKM Sumbang Perekonomian Jatim 54,98 Persen," 2018. http://kominfo.jatimprov.go.id/read/ umum/gubernur-umkm-sumbang perekonomian-jatim-54-98-persen

W.Andajani, and W. Artini, "Analisa Keuntungan UKM Tenun Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri," Jurnal AGRINIKA, vol.3, no.1, pp.44-57, 2019.

Riyono, and G.E. Budiharja, "Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati," Jurnal STIE Semarang,; vol.8, no.2, 2016.

N. H. Rauf, T. Nur, and H. S. Malica, "Perbaikan Kualitas Kain Sutera Dengan Menggunakan Metode Kano Dan Metode Quality Function Deployment (QFD)," Jurnal JIEM, vol.3, no.1. 2018.

G.Setiawan, F. Achmadi, and P. Vitasari, "Analisis Peningkatan Penjualan Produk Kain Tenun Ikat dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)." Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri, vol.4, no.1, 2018.

W. Simatupang, B. Harahap, and S. R. Sibuea,"Analisa Peningkatan Kualitas Produk Batik Barias Industri Kecil Menengah (IKM) Di Kota Sibolga Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)." Jurnal Buletin Utama Teknik, vol.18, no.1, 2022.

N. L. A. Purnamawati, N. W. E. Mitariani, N. P. N. Anggraini, "Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, Badung", Jurnal VALUES, vol.1, no.3, 2020.

W. Purnomo, D. Riandadari, "Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel Dengan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Di PT. Arina Parama Jaya Gresik". Jurnal JTM. vol.3, no.3, pp 54-63, 2015.

S. Amin, dan M. Kholil, Six Sigma Quality for Business Improvement, Yogyakarta: Graha Ilmu. 2013.

D.Y. Irawati , M. L. Singgih, and B. Syarudin, "Integrasi Quality Function Deployment (QFD) Dan Conjoint Analysis Untuk Mengetahui Preferensi Konsumen. Jurnal Optimasi Sistem Industri," vol.13, no. 2, pp.618-640, 2014.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

ASTRIA HINDRATMO, ONNY PURNAMAYUDHIA, & NAVIK KHOLILI. (2023). PENENTUAN FAKTOR PERBAIKAN KUALITAS BERDASARKAN KEINGINAN PELANGGAN GUNA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN PENJUALAN KAIN TENUN ATBM “KODOK NGOREK” KEDIRI. Prosiding SNasPPM, 8(1), 55–64. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2243