PENGEMBANGAN MODEL CHATBOT UNTUK INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA MENGGUNAKAN GOOGLE DIALOGFLOW

Authors

  • Muhammad Harist Murdani Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Mamik Usniyah Sari Universitas Wijaya Putra
  • Surya Priyambudi Universitas Wijaya Putra

Keywords:

model chatbot, pendaftaran mahasiswa baru uwp, google dialogflow

Abstract

Chatbot telah menjadi solusi yang populer dalam berbagai industri untuk memberikan layanan pelanggan yang efisien dan interaktif. Dalam penelitian ini, kami melakukan penelitian tentang pembuatan model chatbot menggunakan Google Dialogflow. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model chatbot yang bisa digunakan untuk membantu kinerja dari whatsapp hotline PMB dalam melayani pertanyaan dari calon mahasiswa baru mengenai pendaftaran mahasiswa baru di Universitas Wijaya Putra. Sehingga beban petugas menjadi lebih ringan dan tugasnya menjadi lebih khusus hanya melayani konfirmasi pembayaran dan penerbitan token untuk melakukan pendaftaran. Untuk saat ini, fungsi konfirmasi pembayaran dan penerbitan token belum bisa dilakukan oleh chatbot, harus dikonfirmasi secara manual oleh petugas. Cakupan informasi yang bisa dilayani oleh chatbot adalah mengenai informasi secara umum tentang pendaftaran mahasiswa baru yang sudah tersebar di berbagai panduan pendaftaran namun seringkali calon mahasiswa baru tidak mau membacanya. Proses pengembangan model chatbot diawali dengan pemetaan pertanyaan dari calon mahasiswa baru dan respon yang harus diberikan. Analisa pemetaan ini merupakan rangkaian yang paling lama karena harus bisa mencakup semua pertanyaan dari calon mahasiswa baru yang pernah ditanyakan sebelumnya. Selanjutnya hasil pemetaan akan dimasukkan ke dalam Google Dialogflow dimana akan dilakukan training pada intent agar sesuai dengan pertanyaan yang pernah diajukan oleh calon mahasiswa baru. Testing dilakukan secara langsung dalam Google Dialogflow untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan intent yang telah diidentifikasi sebelumnya. Hasil pengujian untuk semua user expression adalah sudah sesuai atau diterima. Untuk pengembangan selanjutnya, model chatbot ini akan diintegrasikan pada salah satu aplikasi messaging yang banyak digunakan saat ini, yakni Telegram.

References

E. Mursidah, L. Ambarwati, A. Karima, K. Kunci, : Chatbot, and M. Baru, “Implementasi Chatbot Layanan Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Departemen Teknik Informatika Its,” Jurnal Ilmiah NERO, vol. 7, no. 1, p. 2022, 2022.

M. R. Herfian and A. R. Adriansyah, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot dalam Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi,” Jurnal Informatika Terpadu, vol. 7, no. 2, pp. 87–93, 2021.

L. Hakim, S. Gustina, S. F. Putri, and S. U. Faudiah, “Perancangan Chatbot di Universitas Proklamasi 45,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 91–100, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i1.2157.

A. Z. Amrullah, A. S. Anas, and G. Primajati, “Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Bumigora,” Jurnal Bumigora Information Technology, vol. 4, no. 1, pp. 17–26, 2022, doi: 10.30812/bite.v4i1.1664.

H. Priambodo and A. Muhajirin, “Perancangan ChatBot Pendaftaran Siswa Dengan Telegram BOT Design a Chatbot for Student Registration Using Telegram BOT,” Journal of Information and Information Security, vol. 3, no. 1, pp. 73–88, 2022.

Google, “Google Dialogflow ES Documentation,” 2023. https://cloud.google.com/dialogflow/es/docs/basics

S. Salvi, V. Geetha, and S. Sowmya Kamath, “Jamura: A Conversational Smart Home Assistant Built on Telegram and Google Dialogflow,” IEEE Region 10 Annual International Conference, Proceedings/TENCON, vol. 2019-Octob, pp. 1564–1571, 2019, doi: 10.1109/TENCON.2019.8929316.

L. Boonstra, The Definitive Guide to Conversational AI with Dialogflow and Google Cloud. 2021. doi: 10.1007/978-1-4842-7014-1.

A. Y. Chandra, D. Kurniawan, and R. Musa, “Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan pada Coffee Shop),” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 208, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1505.

E. Wijaya and P. Pebriantara, “Rancangan Bangun Aplikasi Pembelajaran dengan Memanfaatkan Chatbot API Dialogflow dan Moodle Berbasis Android Pada SMA IT ALIA Tangerang,” @is The Best : Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise, vol. 3, no. 2, pp. 328–335, 2018, doi: 10.34010/aisthebest.v3i2.1522.

S. P. Barus and E. Surijati, “Chatbot with Dialogflow for FAQ Services in Matana University Library,” International Journal of Informatics and Computation, vol. 3, no. 2, p. 62, 2022, doi: 10.35842/ijicom.v3i2.43.

J. Wiratama, S. A. Sanjaya, and V. I. Sugara, “Rancang Bangun Fitur Chatbot Customer Service Menggunakan Dialogflow,” Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika, vol. 19, no. 1, pp. 25–37, 2022, doi: 10.33751/komputasi.v19i1.4474.

C. A. Oktavia, “Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce,” J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 4, no. 3, pp. 36–40, 2019, doi: 10.37438/jimp.v4i3.230.

M. A. Nugroho, A. Damayanti, M. F. Rifai, and S. Windarti, “PENGEMBANGAN APLIKASI QnA UNTUK PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 3, no. 1, pp. 18–23, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i1.408.

Google, “Design Conversational Flows for your Agent,” Google Documentation, 2023. https://www.cloudskillsboost.google/focuses/12347?parent=catalog

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Murdani, M. H., Sari, M. U., & Priyambudi, S. (2023). PENGEMBANGAN MODEL CHATBOT UNTUK INFORMASI PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS WIJAYA PUTRA MENGGUNAKAN GOOGLE DIALOGFLOW. Prosiding SNasPPM, 8(1), 39–48. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2248