PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SAKAMOTO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Authors

  • Nur Aini Thoyibah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah matematika, model pembelajaran Creative Problem Solving, metode Sakamoto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode Sakamoto terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi jajargenjang dan trapesium. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian 192 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jenu. Sampel penelitian 64 siswa yang diambil dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji t dua sampel bebas. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5 % diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode Sakamoto terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini didasarkan dari hasil uji–t pada nilai posttest bahwa thitung < -t_((1-α⁄2),(n_1+n_2-2)) atau thitung > t_((1-α⁄2),(n_1+n_2-2)) yaitu –2,796 < – 2,015 atau 2,796 > 2,015.

References

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajar Eksakta pada Murid.Yogyakarta : Divapress
Huda, Miftahul. 2013. Model–model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media
Soemarmo, Utari dan Heris Hendriana. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : Refika Aditama
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar
Nawangsari, Tanti. 2014. Mengolah Data dengan IBM SPSS Statistics 19. Tuban : Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow)
Khujaimah.2014. Penerapan Metode Sakamoto dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Kelas III Sekolah Dasar Negeri Dukuh Sari 1 Sidoarjo.Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.Tidak diterbitkan.[Online].Tersedia :http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://etheses.uinmalang.ac.id/7420/1/10140123.pdf&ved=2ahUKEwjd66meoL7ZAhVBvJQKHVt1D60QFjABegQIBRA&usg=AOvVaw09ziHboOwelzy8R-X1btQ0. Diakses pada 15 Februari 2018
Metode sakamoto. http://www.sakamoto.id/about-us. Diakses pada 10 Februari 2018
Putra, Yuda Purnama. Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Serta Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP.Tesis Universitas Pasundan : Tidak diterbitkan. [Online].Tersedia :http://repository.unpas.ac.id/14034. Diakses pada 18 Februari 2018
Rakhmi, D. A. (2010).Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Sakamoto untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pelajaran Matematika. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta: Tidak diterbitkan.[Online]. Tersedia: http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.ums.ac.id/8201/1/A410060024.PDF&ved=2ahUKEwjs55MnL7ZAhWM2LwKHewCCIUQFjABegQICBAB&usg=AOvVaw1fPdvi3pUmbYWZDvXdodWt. Diakses pada15 Februari 2018.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Nur Aini Thoyibah, & Puji Rahayu. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SAKAMOTO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Prosiding SNasPPM, 3(1), 133–138. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/225