PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK ANALISIS PREDIKSI KUNJUNGAN KONSUMEN STUDI KASUS LAUNDRY COIN

PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK ANALISIS PREDIKSI KUNJUNGAN KONSUMEN STUDI KASUS LAUNDRY COIN

Authors

  • Chendrasari Wahyu Universitas Wijaya Putra
  • Astria Hindratmo Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ong Andre Wahyu Riyanto Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Usaha laundry saat ini telah menjamur di berbagai wilayah pedesaan maupun perkotaan. Pertumbuhan usaha laundry signifikan dari tahun ke tahun, diperkirakan selama tahun 2021 – 2022 usaha ini tumbuh sebesar 50%. Hal ini menunjukkan bahwa jasa usaha laundry merupakan kebutuhan hampir setiap orang yang memiliki banyak kesibukan sehingga tidak sempat mencuci barangnya sendiri. Tidak heran, usaha laundry berpotensi memberikan keuntungan besar. Keberhasilan usaha laundry dipengaruhi oleh permintaan konsumen. Dengan adanya konsumen, pelaku usaha dapat mengukur kualitas layanan dari jasa yang dijual dan kehadiran konsumen juga membantu pelaku usaha untuk mendapatkan pendapatan. Namun pada prakteknya, pelaku usaha tidak dapat menentukan jumlah pengunjung laundry secara pasti sehingga pelaku usaha tidak dapat memperkirakan secara pasti akan pendapatan harian. Oleh karena itu, penelitian ini akan dilakukan pada usaha laundry dengan melakukan pengamatan berkaitan prediksi jumlah pengunjung pada periode bulan depannya secara harian. Teknik yang digunakan adalah peramalan berdasarkan hasil simulasi monte carlo. Hasil penelitian ini mampu mengidentifikasi hasil jumlah pengunjung untuk periode satu bulan mendatang dan menghitung akurasinya dengan perbandingan data aktual dengan data peramalan. Hasil yang diperoleh nilai akurasinya adlaah 89%.

References

H. D. Hutahaean, “Analisa Simulasi Monte Carlo Untuk Memprediksi Tingkat Kehadiran Mahasiswa Dalam Perkuliahan (Studi Kasus : STMIK PELITA NUSANTARA),” Journal Of Informatic Pelita Nusantara Teknik Informatika STMIK Pelita Nusantara Medan, vol. 3, no.1, 2018.

A. Muhazir, “Penerapan Metode Monte Carlo Dalam Memprediksi Jumlah Penumpang Kereta Api (Studi Kasus :Pt.KAI Wilayah Sumatra),” Journal of Science and Social Research, vol. 1, pp. 151–158, 2022.

R. D. Putra, Y. Apridiansyah, and E. Sahputra, “Penerapan Metode Monte Carlo pada Simulasi Prediksi Jumlah Calon Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Bengkulu,” Jurnal PROCESSOR, vol. 17, no. 2, 2022.

B. Y Geni, J. Santony, and Sumijan, “Prediksi Pendapatan Terbesar pada Penjualan Produk Cat dengan Menggunakan Metode Monte Carlo,” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, vol.1, no.4, pp. 15–20, 2019.

O. Veza, “Simulasi Pengendalian Persedian Gas Menggunakan Metode Monte Carlodan Pola LCM( Studi Kasus di PT.PKM Group Cabang Batam),” JT-IBSI, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2016.

Y. Apridiansyah, N. D. M. Veronika, and E. D. Putra, “Prediksi Kelulusan Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Metode Naive Bayes,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 4, no. 2, pp. 236–247, 2021.

N. Hayati, S. Defit, and G. W. Nurcahyo, “Optimalisasi Prediksi Penjualan Produk Herbal Menggunakan Metode Monte Carlo dalam Meningkatkan Transaksi (Studi Kasus: Toko Herbal An Nabawi),” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. Vol. 2, No. 4, pp.117-122, 2020.

M. Apri, D. A Aldo, and Hariselm, “Simulasi Monte Carlo Untuk Memprediksi Jumlah Kunjungan Pasien,” Jurnal JURSIMA, vol. 7, no.2, pp. 32–46, 2019.

J. Santony, “Simulasi Penjadwalan Proyek Pembangunan Jembatan Gantung dengan Metode Monte Carlo,” Jurnal Informasi & Teknologi, vol 2, no. 1, pp. 36–42. 2020.

I. Ardiansah, T. Pujianto, and I. I. Perdana, “Penerapan Simulasi Monte Carlo Dalam Memprediksi Persediaan Produk Jadi Pada IKM Buluk Lupa,” Jurnal Industri Pertanian, vol. 1. no. 3, pp.61-69, 2019.

K. Auliasari, M. Kertaningtyas, and M. Kriswantono, “Penerapan Metode Peramalan untuk Identifikasi Potensi Permintaan Konsumen”. Informatics Journal, vol. 4, no. 3, 2019.

S. Alfarisi, “Sistem Prediksi Penjualan Gamis Toko Qitaz Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing,” Journal of Applied Business and Economics,vol. 4, no.1, 2017.

I. Syata, T. A. Nurman, and A. N. B. Adnan, “Simulasi Monte Carlo Dalam Meramalkan Pola Permintaan Tanaman Hias Melalui Usaha Rumahan Di Tengah Pandemi Covid 19,” Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya, vol.10, No. 2 , pp.79-84, 2022.

I. A. Hasugian, K. Muhyi, and N. Firlidany, “Simulasi Monte Carlo Dalam Memprediksi Jumlah Pengiriman Dan Total Pendapatan,” Buletin Utama Teknik, vol. 17, no. 2, pp. 239-243, 2022.

A. Al Akbar, and H. Alamsyah, “Simulasi Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Universitas Dehasen Bengkulu Menggunakan Metode Monte Carlo,” Jurnal Pseudocode, Vol. 1, 2020.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Wahyu, C., Hindratmo, A., & Riyanto, O. A. W. (2023). PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK ANALISIS PREDIKSI KUNJUNGAN KONSUMEN STUDI KASUS LAUNDRY COIN : PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO UNTUK ANALISIS PREDIKSI KUNJUNGAN KONSUMEN STUDI KASUS LAUNDRY COIN . Prosiding SNasPPM, 8(1), 32–38. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2251