penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Gedongombo III Tuban
judul bahasa inggris kalau ada
Keywords:
Model Pembelajaran Scramble, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan yang ada di kelas 1 SDN GEDONGOMBO III pada pembelajaran Bahasa Indonesia mengalami penurunan hasil belajar. Permasalahan yang terjadi di kelas 1 ini harus segera diselesaikan. Dengan menggunakan model kooperatif scramble akan menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan dua siklus, masing- masing siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dimulai pada tahap prasiklus, dan hasilnya 33,33% atau 9 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata 54,44. Dari data tes hasil belajar menunjukkan hasil pada siklus I, terdapat 59,25% atau 16 siswa kelas 1 yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata 66,48. Kemudian pada siklus II terdapat 81,48% atau 22 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata 78,51. Berdasarkan analisis data hasil belajar dapat dinyatakan bahwa dengan menerapkan model scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada pelajaran Bahasa Indonesia, hal ini dapat terlihat dari peningkatan yang terjadi mulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan melebihi dari indikator keberhasilan yang di tentukan yaitu 80 %.
References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan S. (2019). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Handini, G. (2020). Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i2.13250
Hariyanto, dan Suyono. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Hernalis, S., Syaflin, S. L., & Imansyah, F. (2022). Pengaruh Model Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14914–14918.
Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN dan PEMBELAJARAN ISU-ISU METODIS DAN PARADIGMATIS. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR.
Nurtikasari, E., & Fahri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Mi Nurul Huda 1 Curug. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i1.2869
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : PT Mulia Mandiri Press.
Sembiring, D., Sukirno, & Dini. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Raja Muda Karana di SD Negeri 3 Langsa. Journal of Basic Education, 2(1), 124–131. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/1592/1426/
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2013). Hasil Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudijono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajawali Press.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.
Sugilar, H. (2013). Tujuan Hasil Belajar. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, R., Supandi, & Toyyib, A. M. (2021). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri. Jurnal Tahsinia (Jurnal Kara Umum Dan Ilmiah), 2(2), 124–133.
Ummul Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Wardhani, IGAK, dan Kuswaya, Wihardit. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.