EFEKTIFIVAS KOMIK MATEMATIKA BERBASIS TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Mualifatul Munawaroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Komik Matematika, Teori Van Hiele, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang kurang optimal. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang tergolong sulit karena berisi perhitungan, simbol, dan konsep abstrak. Penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa komik matematika berbasis teori Van Hiele. Penelitian ini bertujuan untuk: mendiskripsikan keefektifan komik matematika berbasis teori Van Hiele ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Model ini terdiri atas lima tahapan, yaitu: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Komik matematika berbasis teori Van Hiele memuat 5 tahap cerita, yaitu pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan akurasi. Keefektifan komik matematika berbasis teori Van Hiele diukur dengna tes hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Jenu, Tuban, Jawa Timur tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriftif persentase. Setelah melalui tahapan uji coba terbatas, komik matematika berbasis teori Van Hiele dinyatakan efektif dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 80%.

References

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Fikriyaturrohmah & Nurhakiki, R. 2013.Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Hands-On Equations Berbantu Komputer pada Materi Persamaan Linier Satu Variabel untuk Siswa Kelas VII, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id, diakses 15 Juni 2018).
Kurniati, D., Rahimah, D., & Rusdi. 2017. Efektivitas Media Komik Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V SD Negeri 6i Kota Bengkulu, (Online), Vol.1 No.1
(https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/download/2252/1497, diakses 15 Agustus 2018).
Putri, D.Y.K. & Ariyanti, G. 2015.Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar, (Online), Vol.1 No.1 (http://download.portalgaruda.org, diakses 3 Maret 2018).
Wahyuningtyas, C. A. & Rokhman, N. 2017.Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Komik Materi Pembelajaran Peristiwa Sekitar Proklamasi pada Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas Xii Ips Sma N 1 Ngemplak, Sleman Tahun Ajaran 2016/2017,(Online), Vol.1 No.1 (http://eprints.uny.ac.id/53173/6/E-Jurnal%2012406244026.pdf, diakses 15 Agustus 2018).
Syafa’ah, Alfiyatus. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Materi Pokok Konsep Pembagian dengan Pendekatan Inquiry Siswa Kelas III SDN Jatimulyo II Malang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Tinarti, Exsi. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Mualifatul Munawaroh, & Heny Sulistyaningrum. (2018). EFEKTIFIVAS KOMIK MATEMATIKA BERBASIS TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Prosiding SNasPPM, 3(1), 129–132. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/226