IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BAHASA INGGRIS SISWA SMK TKJ MELALUI PENDEKATAN NEED ANALYSIS
Keywords:
Target Situation Analysis (TSA), Learning Situation Analysis (LSA), Present Situation Analysis (PSA)Abstract
Dengan mengadaptasi teori need analysis yang dikembangkan oleh Dudley-Evans and St. John (1998), penelitian ini merupakan sebuah eksplorasi persepsi siswa-siswi SMK terkait kebutuhan Bahasa Inggris mereka. Jenis penelitian ini adalah metode survey. 33 siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), SMK Asrama Pembina Masyarakat, terlibat sebagai research participants dalam penelitian ini. Data yang terkait dengan kebutuhan subyektif siswa di peroleh melalui kuesioner, sedangkan data yang terkait persepsi guru Bahasa Inggris terhadap kebutuhan research participants diperoleh melalui semi-structured interview. Hasilnya menunjukkan bahwa ada berbagai percepsi yang berbeda terkait kebutuhan siswa. Penelitian ini juga dilengkapi dengan dan mendiskusikan tentang implikasi pedagogic pada proses pembelajaran.
References
Amin, M. (2017). Pragmatic competence and learning needs of English for students of Tourism Vocational Schools in Nusa Tenggara Barat Province, 4(4), 53–61.
Barreto, L., Amaral, A., & Pereira, T. (2017). Industry 4.0 implications in logistics: an overview. Procedia Manufacturing, 13, 1245–1252. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.09.045
Benešová, A., & Tupa, J. (2017). Requirements for Education and Qualification of People in Industry 4.0. Procedia Manufacturing, 11(June), 2195–2202. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.07.366
Boroujeni, S. A., & Fard, F. M. (2013). A Needs Analysis of English for Specific Purposes ( ESP ) Course For Adoption Of Communicative Language Teaching :( A Case of Iranian First-Year Students of Educational Administration ), 2(6), 35–44.
Chostelidou, D. (2010). A needs analysis approach to ESP syllabus design in Greek tertiary education : a descriptive account of students ’ needs, 2(2), 4507–4512. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.721
Kazar, S. G., & Mede, E. (2015). The Perceptions of ESP Students’ Target Needs: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(2001), 2526–2530. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.574
Sabah, A., & Mohammed, E. (2018). ESP Needs Analysis: A Case Study of PEH Students,0–19. https://doi.org/10.17265/15398072/2016.12.00
Wu, Y. (2012). An empirical study on needs analysis of college business english course. International Education Studies, 5(2), 216–221. https://doi.org/10.5539/ies.v5n2p216
Zhu, W., & Liu, D. (2014). Study on the Theoretical Foundation of Business English Curriculum Design Based on ESP and Needs Analysis, 4(1), 68–74. https://doi.org/10.5539/hes.v4n1p68