KELAYAKAN BUKU PEDOMAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN RASA TOLERANSI DAN CINTA NKRI BAGI SISWA SEKOLAH

Authors

  • Melik Budiarti Universitas PGRI Madiun
  • Pinkan Amita Tri Prasasti Universitas PGRI Madiun
  • Octarina Hidayatus Sholikhah Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Buku Pedoman Karakter, Toleransi, Cinta NKRI

Abstract

Buku Pedoman Karakter merupakan buku acuan bagi anak usia sekolah dasar yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa toleransi dan cinta NKRI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan buku pedoman karakter yang dikembangkan oleh tim peneliti. melibatkan 97 siswa yang tersebar pada 4 sekolah dasar yang berbeda. Kelayak buku karakter juga dibuktikan dengan melibatkan validasi ahli kepakaran sesui dengan bidang karakter. Berdasarkan uji kelayakan praktisi diperoleh hasil presentasi dari ketercapaian nilai layak sbesar 82,50 %, uji coba lapangan oleh siswa diperoleh hasil 87,1 % yang berarti buku pedoman karakter tersebut layak untuk dimmplementasikan. Pembentukan karakter dengan Buku Pedoman Karakter untuk menumbuhkan Rasa Toleransi dan Cinta NKRI. Dengan penggunaan buku pedoman karakter diharapkan dapat menajdi pedoman bagi guru dan siswa untuk menerapkan karakter khususnya rasa toleransi dan cinta NKRI yang diaplikasikan sebagi penunjang dalam pembelajaran di sekolah.

References

Albarracin, D., Johnson, T. B., & Zanna, P. M. (2005). International. Journal Public Opinion Research. The Handbook of Attitudes. 17(4). 74-78
Assegaf, Abdurrahman, Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus, dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004.
Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Eisenberg, Nancy and Natalie D. Eggum. 2008. Empathic Responding: Sympathy and Personal Distress. Pp. xx In Cooperation: The political psychology of effective human interaction edited by B. Sullivan, M. Snyder, & J. Sullivan. Malden, MA: Blackwell Publishing.
AGoleman, Daniel. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hidayatullah, M. Furqon. 2007. Mengantar Calon Pendidik Berkarakter di Masa Depan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Kemendiknas. 2011. Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta.
Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Kurniasih, Imam., dan Sari, Berlin. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.
Mujani, Saiful. 2007. Muslim Demokrat: Islam, Budaya Demokrasi, dan Partisipasi Politik di Indonesia Pasca-Orde Baru. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.
Philips, Simon. 2008. Refleksi Karakter Bangsa. Jakarta: Bumi Aksara
Said, Moh. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah: What, How, dan Why tentang Pendidikan Pendidikan Karakter, Surabaya: JePe Press Media Utama.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Melik Budiarti, Pinkan Amita Tri Prasasti, & Octarina Hidayatus Sholikhah. (2018). KELAYAKAN BUKU PEDOMAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN RASA TOLERANSI DAN CINTA NKRI BAGI SISWA SEKOLAH. Prosiding SNasPPM, 3(1), 112–115. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/229