Pengembangan Media Calculator Box Mathematic (Calboxtic) Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar SDN Gedongombo III Tuban
DOI:
https://doi.org/10.2023/snasppm.v8i1.2299Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media Calboxtic untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada mata pelajaran Matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implement), Evaluasi (Evaluate). Subjek penelitian yaitu Kelas I yang berjumlah 27 siswa di SDN Gedongombo III Tuban. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, validasi ahli media, respon angket siswa dan guru, serta lembar tes soal untuk siswa. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media Calboxtic Valid dengan persentasi ahli materi sebesar 88,57% dan ahli media sebesar 90,76%. Hasil angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media Calboxtic ini praktis digunakan untuk pembelajaran dengan memperoleh persentase angket respon guru sebesar 100% dan angket respon siswa sebesar 100%, Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata- rata nilai N- Gain 0,7 yang menunjukkan kriteria sedang. Data yang dihasilkan dari lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar angket respon guru dan siswa serta lembar tes siswa menunjukkan bahwa media Calboxtic yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan.
References
Mastuti, E. (2016). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menyusun Evaluasi Hasil Belajar:Kelebihan Dan Kelemahan “Tes Online” Untuk Mengukur Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 10 – 19.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yuniawantika. (2016). Pembelajaran Matematika di SD Menggunakan Pendekatan Matematika Realistika Indonesia (PMRI). Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, (1). Retrieved from http://journal.um.ac.id/.
Muhsetyo, Gatot., et.al. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Tanggerang Selatan: CV. Karya Indonesia.
Meitha, F.D., Meiliana, N., & Yopa T.S, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Tas Pintar Pada Konsep Dasar Perkalian di SDN 1 PAPAYAN. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara (JPDN). Vol. 6. No. 1
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6). www.aijcrnet.com/journals/Vol_5_No_6_December_2015/10.pdf.
Susilawati, W.O., Widodo, H., & Sumarno, S. (2019). Strategy of Teachers in Suporting Environmentally Sustainable Development. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 247 – 254. https://doi.org/https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12167.
Jonkenedi. (2017). Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 6 Tahun Ke- 6. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/7081/6775 Diakses pada tanggal 07 April 2023)
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. (Online). (http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM. Diakses pada tanggal 07 April 2023)