PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SENDANGHARJO III

Authors

  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

multimedia interaktif arawa, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan peningkatan hasil belajar bahasa jawa siswa melalui penerapan multimedia interaktif arawa. Bahasa Jawa sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal dan kebudayaan Jawa yang masih bertahan sebagai salah satu upaya agar kebudayaan Jawa tetap lestari. Keterampilan membaca aksara Jawa yang harus dikuasai siswa pada setiap jenjang pendidikan berbeda-beda. Berdasarkan Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 keterampilan membaca aksara Jawa kelas IV SD meliputi keterampilan membaca tulisan aksara Jawa Legena, bersandhangan, dan berpanyigeg. Sama halnya dengan membaca pada umumnya, membaca aksara Jawa merupakan proses menerjemahkan simbol-simbol (tulisan) menjadi bunyi- bunyi bahasa yang bermakna. Siswa membutuhkan proses belajar yang kontinu agar dapat terampil membaca tulisan aksara Jawa, sehingga guru perlu memperhatikan cara-cara agar siswa tetap senang belajar membaca aksara Jawa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sendangharjo III Kecamatan Tuban tahun ajaran 2017-2018. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian ada 19 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah multimedia interaktif arawa dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa materi sandangan pada siswa kelas IV SDN Sendangharjo III Kecamatan Tuban tahun ajaran 2017-2018.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.
Hariyanto, Agus.2009. Membuat Siswa Anda Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Mega Puspita Sari. (2018). PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SENDANGHARJO III. Prosiding SNasPPM, 3(1), 109–111. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/230