RESPON SISWA KELAS IV SD KECAMATAN TUBAN TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA

Authors

  • Lulu Anggi Rhosalia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Respon Siswa, Multimedia Interaktif ARAWA, Membaca Aksara Jawa

Abstract

Aksara Jawa adalah salah satu huruf tradisional masyarakat Jawa yang masih diajarkan di sekolah dasar mulai kelas I hingga kelas VI sebagai muatan lokal. Berdasarkan kurikulum bahasa Jawa yang berlaku, siswa kelas IV sudah mampu membaca aksara Jawa bersandhangan. Namun, hasil uji kemampuan awal siswa kelas IV di kecamatan Tuban dalam membaca Aksara Jawa masih rendah karena kurang dari 50% pada masing-masing sekolah yang mampu membaca aksara Jawa bersandhangan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurang minatnya siswa mempelajari aksara Jawa, terbatasnya penggunaan media untuk membelajarkan aksara Jawa, ditambah dengan aksara Jawa yang jarang digunakandalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, alokasi waktu yang disediakan untuk matapelajaran Bahasa Jawa setiap minggunya dalam praktik di sekolah tergolong singkat, sedangkan cakupan materi Bahasa Jawa tidak sedikit. Berdasarkan hal itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk belajar membaca Aksara Jawa bersandhangan untuk siswa kelas IV di Kecamatan Tuban yaitu multimedia interaktif Arawa. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon siswa kelas IV SD di kecamatan Tuban terhadap penggunaan multimedia interaktif Arawa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kutorejo I, SDN Sendangharjo III, SDN Sidomulyo I, SDN Sidorejo III, SDN Perbon II, dan SDN Sumurgung II. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap validasi serta uji coba. Berdasarkan hasil analisis data peneliti mendapatkan respon dari siswa kelas IV di kecamatan Tuban bahwa multimedia interaktif Arawa sangat layak digunakan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: RinekaCipta
Endraswara, Suwardi. 2009. 30 Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa. Yogyakarta:Kuntul Press
Munadi, Yuhdi. 2013. Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wijayanti, Hesti Astria dan Hakim, Fitro Nur.2012. Media Pembelajaran interaktif Aksara Jawa Berbasis Flash. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(2),21-29.
Zahro, Fatimatuz. 2015. Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa untuk Pembelajaran Membaca di Kelas IV SDN Lempuyang 1 Yogyakarta”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Lulu Anggi Rhosalia, Mega Puspita Sari, & Wendri Wiratsiwi. (2018). RESPON SISWA KELAS IV SD KECAMATAN TUBAN TERHADAP PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARAWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA. Prosiding SNasPPM, 3(1), 104–108. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/231