ENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA TUNA RUNGUDI SDN INKLUSI

Authors

  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Putra Johan Bahagia Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Buku Ajar Tematik, Kemampuan menulis, tuna rungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan buku ajar tematik yang valid, efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran bagi siswa tuna rungu; (2) meningkatkan keterampilan menulis anak tuna rungu melalui penerapan buku ajar tematik. Pengembangan buku ajar tematik ini menggunakan model pengembangan 4 D (four D model) oleh Thiagarajan dan Semmel (1974). Model rancangan ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Adapun subjek penelitian adalah satu orang siswa tunarungu kelas IV di SDN Pucangan 02 Kecamatan Montong Kabupaten Tuban. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi Hasil Pengembangan menghasilkan produk buku ajar tematik. Hasil rata-rata kevalidan dari validasi ahli mencapai 88%, hal ini temasuk dalam kategori sangat valid. Hasil ujicoba lapangan pada pelaksanaan pembelajaran tahap 1 dengan persentase 72% dan kriteria tinggi. Berikutnya mengalami peningkatan pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran tahap 2 yaitu diperoleh persentase 88% dan kriteria tinggi. Selanjutnya mengalami peningkatan lagi pada hasil observasi pelaksanaan pembelajaran tahap 3 yaitu diperoleh persentase 88% dan kriteria sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar tematik yang dikembangkan memiliki keterterapan tinggi. Untuk hasil respon siswa setelah mengikuti pembelajaran mendapatkan persentase 88% dan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan data di atas, produk buku ajar tematik dapat dikatakan valid, efektif dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa tuna rungu di kelas IV SDN Pucangan II Kecamatan Montong Kabupaten Tuban.

References

Bintoro, T. & Santoso, T. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama. Iskandarwassid & Sunendar D. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arsyad, A. 2009.Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Departemen Pendidikan Nasional.2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan
Mulyati, Y. dkk.2007 .Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sastro, Tri Budi.2008. ”Keterampilan Dasar Berbahasa: antara Harapan dan Realita”.Yogyakarta:Tiara Wacana.
Soemantri, Sutjihati.2006.Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama
Thiagarajan, sammel, & Sammel. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloomington: Center for Innovation on Teaching The Handicapped.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Agustin, I. ., & Putra Johan Bahagia. (2018). ENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA TUNA RUNGUDI SDN INKLUSI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 100–103. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/232