PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Prevensi miskonsepsi, model modified inquiry, pengenalan sains

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian tentang identifikasi miskonsepsi dengan menggunakan modified Inquiry pada konsep pengenalan sains anak usia dini.yang bertujuan untuk mengetahui profil prakonsepsi mahasiswa pada mata kuliah perkembangan sains. Penelitian ini menggunakan mahasiswa 2016 Universitas PGRI Ronggolawe (UNIROW) Tuban yang berjumlah 37 mahasiswa sebagai subyek penelitian. Penelitian prrofil prakonsepsi mahasiswa pada konsep pengenalan warna pada anak usia dini menggunakan rancangan One Group pretest-Posttest design. Teknik pengumpulan data dalam profil prakonsepsi mahasiswa tes pemahaman, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen Penelitian yang digunakan diantaranya Tes pemahaman yang disebut dengan three tier test. Hasil penelitian profil prakonsepsi mahasiswa berupa deskripsi persentase mahasiswa TK, TTk, MK 1, MK2 dan MK3.

References

Amien. 1990. Pemetaan Konsep: Suatu Teknik untuk Meningkatkan Belajar yang Bermakna. Mimbar Pendidikan Tahun IX, 55-56
Arslan, H.o., Cigdemoglu, C., and Moseley, C. 2012. “A Three-Tier Diagnotics Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greehouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain”. San Antonio: Education International Journal of Science Education, 34(11), 1667-1686.
Chiu, M.H.2005. “A National Survey of Student’ Conceptions in Chemistry in Taiwan”. Istabul: Journal of Chemical Education International, 6(1), 1-8
Dahar, R. W. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Eartl, Bernhald, Heind Mandl. 2006. “Effect of Individual Prior Knowledge Construction and Individual Learning Outcomes”. Proceeding of th 2005 Conference on Computer Support for Collaborative Learning, Pages 145-154.
Griffard, P.B., and Wandersee, J.H. 2001. “The Two-tier Instrumenton Photosynthesis: What does it Diagnose?”. International Journal of Science Education, 23(10), 1039-1052.
Harini, 2014. Eksplorasi Miskonsepsi Mahasiswa dalam Pengembangan Buku Teks Analisis Real Bermuatan Peta Pikiran. (on line) https://www.researchgate.net/publication/285592489
Nakleh, 1992. Why Some Students Don’t Learn Chemistry. Journal of Chemical Education vol.69 no. 3.
Opara, J.A., and Oguzor, N.S., 2011. Inquiry Instruction Method and the Scholl Science Curriculum”. Nigeria: Current Research Journal of Social Science 3(3): 188-189
Razi, Pakhrur. 2012. Analisi Pengetahuan Awal Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Fisika FMIPA UNP. On line. http://repository.unp.ac.id/5446/1/PAKHRUR%20RAZI_577_12.pdf
Suparno, P. 2001. Teori perkembangan dalam Pendidikan . Yogyakarta: Kanisius

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Ifa Aristia Sandra Ekayati, & Dwi Imam Efendi. (2018). PROFIL PRAKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 96–99. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/233