PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBUATAN MURAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK ANAK MENUJU DESA WISATA EDUKASI SIDOREJO TUBAN

Authors

  • Kholid Kholid Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kristin Tri Lestari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yuyun Istiana Universitas PGRI Ronggolawe

Abstract

Di kota Tuban terbagi dalam beberapa wilayah, salah satunya di Kecamatan Tuban yaitu Kelurahan Sidorejo Merik RT.03 RW.03. Kelurahan Sidorejo tersebut merupakan salah satu tempat kumuh yang ada di Tuban. Banyaknya lingkungan kumuh di tengah Kota Tuban yang masih belum terawat disebabkan kurangnya rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Banyak warga yang kurang peduli akan kebersihan dikarenakan aktivitas yang padat. Karena kawasan kumuh tersebut terciptalah gagasan untuk membangun lingkungan tersebut menjadi sektor wisata yang edukatif. Dengan sentuhan mural-mural yang mengedukasi anak-anak dengan mainan tradisional. Untuk rencana kegiatannya meliputi :

  • Melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pembuatan mural sebagai media komunikasi untuk anak menuju desa wisata edukasi dengan sentuhan mural-mural edukatif yang akan merubah dan meningkatkan produktivitas dan upaya untuk meningkatkan literasi anak.
  • Mengajak anak melakukan kegiatan menggambar di dinding kosong kanan kiri gang desa Sidorejo.
  • Memberi spot foto di dinding yang menarik wisatawan untuk berfoto sebagai langkah mewujudkan desa Sidorejo sebagai desa wisata eduk

References

Afrianda, R., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2019). Pengaruh program adiwiyata terhadap literasi lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(1), 32-42.

Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690-6700.

Halimah, L. (2008). Pemberdayaan lingkungan sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia siswa kelas 4 SD laboratorium UPI Kampus Cibiru. Jurnal Pendidikan Dasar. Nomor, 1.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1-6.

Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 19-23.

Manik, B., Umam, W. K., Irawan, F., Veronica, M., Misnawati, M., Nurachmana, A., & Christy, N. A. (2023). Taman Baca dan Belajar “Ransel Buku” Sebagai Aksi Nyata Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Buku dan Kegiatan Literasi. Journal of Student Research, 1(1), 141-158.

Yasril, Y., & Nur, A. (2018). Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberdayaan Lingkungan. Jurnal Dakwah Risalah, 28(1), 1-9.

Additional Files

Published

2023-10-23

How to Cite

Kholid, K., Lestari, K. T., & Istiana, Y. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBUATAN MURAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI UNTUK ANAK MENUJU DESA WISATA EDUKASI SIDOREJO TUBAN . Prosiding SNasPPM, 8(1), 297–304. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/2336