MEDIA KOMIK CERITA DONGENG LOKAL MAGETAN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III

Authors

  • Heny Kusuma Widyaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Cerianing Putri Pratiwi Universitas PGRI Madiun

Keywords:

media komik, cerita dongeng lokal, pembelajaran bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia dengan media komik cerita rakyat lokal Magetan di SDN 01 Bulak, Magetan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu kelas III. Sumber data yang digunakan adalah aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia pada materi dongeng yang dilakukan guru dan siswa, serta dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia berupa Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP) dan persiapan media berupa media dan soal tes (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan melalui pembelajaran yang mengacu pada RPP, dan (3) evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tes tulis dan lisan.

References

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Bonnef, Marcel. 2001. Komik Indonesia. Jakarta: KPG (Kepustakan Populer Gramedia).
Hands, T., Shaw, A., Gibson, M., & Miller, K. (2018). People and their plants: The effect of an educational comic on gardening intentions. Urban Forestry and Urban Greening, 30(June 2017), 132–137.https://doi.org/10.1016/j.ufug.2018.01.017
Rapp, A., Ogilvie, J., & Bachrach, D. G. (2015). Sales leadership icons and models : How comic book superheroes would make great sales leaders. Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2015.01.007.
Sayuti, Suminto. A. 1996. Apresiasi Prosa Fiksi. Jakarta: Depdikbud.
Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.
Suwondo, Tirto. 2001. Ihwal Pengajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto, Agus. 2007. Pasti Bisa Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Wiyono, Bambang & Burhanuddin. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ary, D., Cahr, J. H., & Agshar, R. 2002. Introduction to Research in Education. California: Wadsworth Thomson Learning.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Heny Kusuma Widyaningrum, & Cerianing Putri Pratiwi. (2018). MEDIA KOMIK CERITA DONGENG LOKAL MAGETAN UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III. Prosiding SNasPPM, 3(1), 91–95. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/234