PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL PELESTARIAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta Universitas PGRI Madiun
  • Candra Dewi Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Media Komik Digital, Prestasi Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media komik digital pelestarian lingkungan terhadap terhadap prestasi belajar tematik pada siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SDN di SDN Kecamatan Kauman. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN 1 Somoroto tahun pelajaran 2017/2018 yang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi atau achievement test dengan varian pilihan ganda (multiple choice test). Dalam menganalisis data digunakan metode statistik t-test (uji-t) dengan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data pre-test dan post-test sebagai uji prasyarat.Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa thitung (8,34) > ttabel (2,4231) (signifikan)

References

Endarmoko, E. (2006). Thesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Faturrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan pembelajaran meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standart nasional. Yogjakarta: teras
Irmansyah, L. (2011). Sejarah Komik Menuju Masa Depan. Slideshare. Net
Triyanto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sudjana, N., & Rivai, A. (1991). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, & Candra Dewi. (2018). PENGARUH MEDIA KOMIK DIGITAL PELESTARIAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/235