PELATIHAN RESPEK STOP BULLYING DI SEKOLAH UNTUK GENERASI BERPRESTASI

  • Mario Fahmi Syahrial Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yosia Dian Purnama W Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Respek, Stop Bullying, Generasi Berprestasi

Abstract

Siswa  merupakan  salah  satu  penerus harapan  bangsa  pada  masa depan  dalam  pembangunan peradaban masyarakat. Pendidikan  sangat diperlukan   supaya   dapat   menentukan   prestasi   dan   produktifitas siswa tersebut.  Namun,  banyak masalah  yang  berlaku  pada  tahapan  pendidikan siswa  jika  tidak  dianggap penting. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah melakukan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghentian tindakan bullying sejak dini dan himbauan untuk tidak melakukan tindakan bullying diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga dapat menciptakan generasi yang berprestasi di masa mendatang, dan juga memberikan pengetahuan baru bahwa bullying sebenarnya melanggar Undang-Undang Dasar 1945 yang pada zaman sekarang perlu diberikan pemahaman lebih mendalam. Pemahaman siswa terhadap berbagai bentuk bullying masih kurang, dan peserta mendapatkan pencerahan mengenai pengetahuan ini. Disadari pula bahwa seseorang yang memiliki kekuasaan atas orang lain lebih sering melakukan bullying tanpa disadari, karena perilaku bullying selama ini dianggap sesuatu yang lumrah.  Pelatihan respek stop bullying di sekolah untuk generasi berprestasi yang dilaksanakan bagi siswa di SMK Darul Ma’Wa Plumpang, dapat menanamkan sikap dan perilaku respect pada peserta pelatihan. Mengenalkan berbagai bentuk bullying dan implementasi di lapangan dalam bentuk melakukan pengamatan terjadinya bullying di sekolah mengasah sensitivitas siswa.

References

[1] Damayanti, Ria, 2016. Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi, Kasus, dan Konsep. Yogyakarta : Tiara Wacana.
[2] Heddy Shri Ahimsa-Putra. 2001. Latar Budaya Tindak Kekerasan terhadap Anak-anak di Indonesia. Laporan Penelitian:UGM.
[3] Ikhtisar Eksekutif Startegi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak 2016-2020 oleh Kemen-PPPA.
Published
2019-09-21
How to Cite
Mario Fahmi Syahrial, & Yosia Dian Purnama W. (2019). PELATIHAN RESPEK STOP BULLYING DI SEKOLAH UNTUK GENERASI BERPRESTASI. Prosiding SNasPPM, 4(1), 284-287. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/240