PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PTK BAGI GURU-GURU ANGGOTA MGMP MATEMATIKA SMK KABUPATEN TUBAN
Keywords:
pelatihan, proposal PTK, MGMP SMKAbstract
Tujuan dari Pelatihan Penulisan Proposal PTK bagi Guru-Guru Anggota MGMP Matematika SMK Kabupaten Tuban adalah membantu para guru dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas dan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas. Pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. Kegiatan pelatihan ini meliputi penjelasan tentang materi PTK, penjelasan tentang cara membuat proposal PTK , Praktek membuat proposal PTK dan review proposal PTK yang telah dibuat oleh peserta pelatihan Dalam kegiatan ini banyak sekali diskusi yang terjadi diantara guru maupun tim pengabdian, dan diakhir kegiatan diberikan masukan– masukan oleh tim pengabdian terkait isi, tata tulis dan sebagainya sehingga proposal PTK yang disusun oleh kelompok–kelompok guru menjadi lebih baik lagi. Mereka berharap kegiatan pelatihan ini sering diadakan dengan waktu yang lebih lama dan berharap diadakan pelatihan tentang pembuatan laporan PTK dan penulisan Karya Tulis Ilmiah.
References
[2] Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
[3] Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.
[4] Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.
[5] Kasbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas: Guru sebagai Peneliti.
[6] MGMP matematika SMK Kabupaten Tuban, 2017.
[7] Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan angka Kreditnya
[8] Wijaya Kusuma dan Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
[9] Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A.(2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan,15(2). http://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8054