MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DUKUH PANGGUNGSARI KELURAHAN GEDONGOMBO KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN MELALUI PEMBUATAN CHICKEN WINGS SWEET AND SPICY SEBAGAI PRODUK OLAHAN

  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iis Daniati Fatimah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Putra Johan Bahagia Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Ayam Broiler, Chikens Wings sweet and spicy

Abstract

Ayam merupakan sumber protein hewani paling populer di dunia. Ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi namun rendah lemak sehingga banyak disantap oleh orang yang sedang diet. Selain itu, ayam juga mengandung sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Dukuh Panggungsari merupakan berada di Kelurahan Gedongombo Kecamatan Semanding. Secara geografis rumah penduduk yang ada di dukuh tersebut memiliki pekarangan yang cukup luas. Beberapa warga memanfaatkan pekarangan untuk peternakan ayam broiler. Pelatihan pembuatan produk olahan ayam broiler menjadi chicken wings sweet and spacy merupakan kegiatan memberikan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kepada peserta pelatihan yang meliputi ibu-ibu anggota PKK di Dukuh Panggungsari Lingkungan Dondong, Kelurahan Gedongombo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.  Tujuan pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah 1) memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan ayam broiler menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis tinggi. 2) Melakukan pelatihan pembuatan chicken wings sweet and spacy yang bernilai jual untuk memenuhi kebutuhan mitra dan sebagai alternatif penghasilan tambahan bagi anggota mitra.  3)Pendampingan kegiatan produksi sampai pengemasan produk dan membantu memetakan pasar bagi produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan bagi anggota mitra. Metode pelaksanaan yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu metode observasi dan wawancara. Setelah dilaksanakan Program Pengabdian Masyarakat, dapat disimpulkan sebagai berikut.  Anggota PKK memperoleh pengetahuan tentang pemanfaatan ayam broiler menjadi produk olahan yang bernilai ekonomis tinggi, dengan kegiatan sosialisasi diikuti dengan seluruh anggota PKK dengan sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh anggota PKK.

References

[1] [1] Afrianti, Dwiloka dan Setiani. 2013. Perubahan Warna, Profil Protein, Dan Mutu Organoleptik Daging Ayam Broiler. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan Vol 2 No3 hal 116- 120.
[2] [1] Anonimous. 2011. Pendahuluan. http://micksihite.blogspot.com/p/laporan-semester-praktikum-produksi.html.
[3] [1] Cahyono dan Bambang, 1995. Cara Meningkatkan Budidaya Ayam Ras Pedaging (broiler). Penerbit Pustaka Nusatama: Yogyakarta.
[4] [1] Depkes RI. 1996. Komposisi Kimia Daging Ayam. Jakarta.
[5] Fadillah. R, 2007. Sukses Berternak Ayam Broiler. PT.Agromedia Pustaka:. Ciganjur.
[6] Kartini. 2011. Kandungan Zat Pakan Jagung.
[7] http://putramegatawang.com/kandungan-zat pakan-jagung.html.
[8] Kasih,dkk. 2012. Pengaruh Lama Penyimpanan Daging Ayam Segar Dalam Refrigerator Terhadap pH, Susut Masak Dan Argonolepik. Media Sins, Volume 4 Nomor 2.
[9] Matulessy,dkk. 2010. Evaluasi Karakteristik Fisik,Komposisi Kimia dan Kulitas Mikroba Karkas Broiler Beku yang Berdar Di Pasar Tradisional. Buletin Peternakan Vol 34.hal 178-185.
[10] Mubin. 2013. Profil Biokimia Daging Ayam Broiler. Skiripsi. Institut Pertanian Bogor.
[11] Rasyaf. M, 1994. Beternak Ayam Petelur. Penebar Swadaya: Jakarta
[12] Sugandi, 1978. Tatalaksana Pemeliharaan Ayam Pedaging Strain MB 202-p Periode Starter–Finisher. PT. Janu Putro Sentosa: Bogor.
[13] Suprayitno, dkk. 2010. Kualitas Fisik dan Sensoris Daging Ayam Broiler yang Diberi Pakan dengan Penambahan Ampas Virgin Coconut Oil. Buletin Peternakan Vol 34 hal 55-63.
Published
2019-09-21
How to Cite
Novialita Angga Wiratama, Iis Daniati Fatimah, & Putra Johan Bahagia. (2019). MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DUKUH PANGGUNGSARI KELURAHAN GEDONGOMBO KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN MELALUI PEMBUATAN CHICKEN WINGS SWEET AND SPICY SEBAGAI PRODUK OLAHAN. Prosiding SNasPPM, 4(1), 254-258. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/246