PEMBERDAYAAN MASYARAKAT RT 1 DAN 2 DESA WIDENGAN KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN MELALUI PELATIHAN BROWNIS SIWALAN DAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN
Keywords:
Pemberdayaan, Komunikasi, Brownies SiwalanAbstract
Desa Widengan Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban khususnya di RT 1 dan Rt 2 terkenal sebagai penghasil perkebunan siwalan di Tuban. Namun sangat disayangkan harga beli dari buah siwalan ini sangat murah sekali. Satu plastik buah siwalan yang berisi 8 sd 10 biji hanya dihargai sebesar Rp 8.000, s/d Rp 10.000,-. Sedangkan kalo membeli dari perkebunan langsung di desa Widengan justru bisa lebih murah lagi harganya hanya Rp 5000,- per 10 biji. Dengan melihat kondisi yang demikian maka perlu adanya suatu upaya pemberdayaan kepada masyarakat RT 1 dan 2 desa Widengan Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban untuk bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dengan cara mengolah buah siwalan menjadi produk baru yang bernilai jual tinggi berbasis pada inovasi dan teknologi yaitu menjadi makanan khas kota Tuban yaitu “Brownies Siwalan”. Hasil kegiatan program pengabdian masyarakat ini terlihat 100% terlaksana dengan lancar dan memenuhi harapan, dimana kualitas produknya baik itu rasa, tekstur sudah sempurna dan desain kemasannya sangat menarik dan banyak diminati di pasaran.
References
Danisha. 2012. pemberdayaan masyarakat dalam kemiskinan,wordprees,com (diakses tanggal 20 Mei 2017)
Mutmainah. 2012. social-entrepreneurship-sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui kewirausahaan.. muthmainahmahph88-wordprees.com.2012 (diakses tanggal 25 Mei 2017)