PELATIHAN IMPLEMENTASI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT KABUPATEN TUBAN
Keywords:
teknologi informasi, umkm, e-commerce, pemasaran onlineAbstract
Pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi informasi telah berkembang pesat saat ini, sehingga menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku bisnis dalam mempertahankan produknya di pangsa pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bagi pengelola UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di kecamatan Tuban dalam mengimplementasikan e-commerce untuk memperluas pangsa pasar. Oleh karena itu perlunya dilakukan pelatihan sebagai bekal pengetahuan dan ketrampilan mereka dalam mengimplementasikan e-commerce bagi usaha mereka. Produk yang dihasilkan UMKM di kecamatan Tuban secara kualitasi tidak kalah dengan produk-produk nasional. Namun produk yang dihasilkan UMKM kecamatan Tuban tidak cukup dikenal oleh khalayak umum. Pengelola UMKM masih belum banyak yang memanfaatkan teknologi informasi (internet dan sosial media) sebagai sarana dalam melakukan pemasaran. Sehingga dalam hal ini para peserta UMKM sangat antusias untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pemasaran berbasis online dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga dapat memperluas pangsa pasar secara global.
References
[2] Awais, Muhammad, & Samin, Tanzila,. 2012. Advanced SWOT Analysis of E-Commerce, International Journal of Computer Science Issues, Vol. 9, Issue 2, No 2.
[3] Tayebi, A..2013, Planning activism: Using Social Media to claim marginalized citizens’ right to the city, Cities Journal, Volume 32, pp 88–93.
[4] Jinling, Chang et all, 2009. Modelling E-commerce Website Quality with Quality fnction Deployment, IEEE International Comperence on Deployment e-bussness Engineering.