POTENSI PENGEMBANGAN TANAMAN SAMBUNG NYAWA SEBAGAI TANAMAN OBAT DAN PANGAN SKALA RUMAH TANGGA

  • Angga Rahabistara Sumadji Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Didik Joko Pitoyo Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Keywords: Tanaman Sambung Nyawa, kelompok masyarakat, PKM

Abstract

Tanaman Sambung Nyawa merupakan tanaman sayuran yang berkhasiat obat yang belum banyak dikenal oleh masyarakat kota Madiun. Sambung Nyawa (Gynura procumbens) memiliki khasiat seperti antikoagulan, mencairkan pembekuan darah, menghentikan pendarahan, menghilangkan panas, dan membersihkan racun dalam tubuh. Mitra PKM adalah Kelompok masyarakat di RT43 dan RT44/RW009 Perumahan Bumi Antariksa, Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun yang pada umumnya belum mengenal tanaman Sambung Nyawa dan manfaatnya. Kondisi lain adalah kepemilikan lahan pada masyarakat tersebut yang terbatas. Solusi yang ditawarkan oleh tim pelaksana PKM adalah memperkenalkan dan mensosialisasikan tanaman Sambung Nyawa secara optimal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PKM ini adalah ceramah, demonstrasi dan konsultasi. Luaran dari kegiatan PKM ini berupa pengetahuan tentang biologi tanaman, manfaat, budidaya dan cara pengolahan atau mengkonsumsi tanaman sambung nyawa baik sebagai ice cream Sambung Nyawa ataupun mie Sambung Nyawa.

References

[1] Bulog, 2014. Ketahanan Pangan, (Online), (http://www.bulog.co.id/ketahananpangan.php, diakses 15 November 2018).
[2] Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC). 2016. Sambung Nyawa (Gynura procumbens), (Online), (http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=88, diakses: 22 November 2018).
[3] Gemamedika, 2011. Manfaat dan Khasiat Tanaman Sambung Nyawa, (Online), (http://gemamedika.blogspot.com/2011/08/manfaat-dan-khasiat-tanaman-sambung.html, diakses 18 Desember 2018).
[4] Taufiq, F. M. 2017. Penuhi Kebutuhan Pangan dari Pekarangan melalui Pengembangan KRPL, (Online), (http://lintasgayo.co/2017/06/07/penuhi-kebutuhan-pangan-dari-pekarangan-melalui-pengembangan-krpl, diakses 15 November 2018).
Published
2019-09-21
How to Cite
Angga Rahabistara Sumadji, & Didik Joko Pitoyo. (2019). POTENSI PENGEMBANGAN TANAMAN SAMBUNG NYAWA SEBAGAI TANAMAN OBAT DAN PANGAN SKALA RUMAH TANGGA. Prosiding SNasPPM, 4(1), 223-227. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/253