PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUSAHA MIKRO KERUPUK SAMILER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENGELOLAAN USAHA MIKRO

  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
Keywords: pelatihan, pendampingan, pengusaha mikro, kerupuk samiler, peningkatan pengetahuan

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di desa Kemasantani, kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Mitra kegiatan ini adalah pengusaha mikro kerupuk samiler. Permasalahan yang dihadapai mitra adalah masih kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan usaha mikro, khususnya di bidang ijin usaha, pembukuan keuangan dan peralatan produksi. Untuk meningkatkan pengetahuan pengusaha mikro, solusi yang telah diberikan kepada mitra adalah pemberian pemahaman tentang cara pengurusan Surat Ijin Usaha Mikro (SIUM), pembuatan buku keuangan sedehana untuk usaha mikro dan pemahaman pengetahuan alat produksi berupa mesin parut berbahan bakar gas yang hemat energi. Target luaran yang telah dicapai dari kegiatan ini adalah mitra dapat memahami cara pengurusan SIUM, mitra memahami cara pembuatan pembukuan keuangan sederhana usaha mikro dan mitra memahami penggunaan mesin parut berbahan bakar gas yang hemat energi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan kepada pengusaha mikro kerupuk samiler. Hasil yang telah dicapai pada pengabdian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pengusaha mikro tentang cara pengurusan SIUM sebesar 50%, peningkatan pengetahuan pembuatan pembukuan keuangan sederhana sebesar 30% dan peningkatan pengetahuan tentang mesin parut berbahan bakar gas yang hemat energi sebesar 40%. Peningkatan pengetahuan pengelolaan usaha mikro mitra rata-rata sebesar 40%.

References

[ 1 ] Aditya, R. 2015. Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan (studi pada karyawan PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 27 No. 2.
[ 2 ] Alyas & Rakib, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan (Studi Kasus Pada Usaha Roti Maros Di Kabupaten Maros). Sosiohumaniora. Vol. 19 No. 2: 114 – 120.
[ 3 ] Anggraeni, DF., Hardjanto, Imam., & Hayat, Ainul. 2016. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 1, No. 6: 1286-1295.
[ 4 ] Menteri Keuangan Republik Indonesia. 2003. Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 40/KMK.06/2003, Tentang Pendanaan Kredit Usaha Mikro Dan Kecil. Jakarta.
[ 5 ] Pemerintah Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. Lembaran Negara RI Tahun 2008, No. 93 Sekretariat Negara. Jakarta.
[ 6 ] Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. 2019. PKM Peningkatan Pengetahuan Pengelolaan Usaha Pada Pengusaha Mikro Keripik Singkong. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian (SNP2M). Universitas Islam Majapahit, Mojokerto, 25-27 April.
[ 7 ] Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. 2019. Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Kerupuk Samiler. Universitas Islam Majapahit, Mojokerto.
[ 8 ] Santoso, B. 2010. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
[ 9 ] Solechan & Rubijanto JP. 2015. Pengembangan UKM Krupuk Wedi Dan Kacang Tanah Kulit Dengan Mesin Otomatis Di Desa Wedelan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Majalah Ilmiah Pawiyatan. Vol : XXII No. 3: 22-33.
[ 10 ] Suhendri, H. 2015. Pelatihan dan Pendampingan Usaha Mikro Dhi Sablon & Printing dan The Joker’s Sablon & Offset di Malang. Jurnal Dedikasi. Vol. 12 No. 1: 08-13
Published
2019-09-21
How to Cite
Achmad Rijanto, & Suesthi Rahayuningsih. (2019). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGUSAHA MIKRO KERUPUK SAMILER DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENGELOLAAN USAHA MIKRO. Prosiding SNasPPM, 4(1), 217-222. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/254