PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKASI BAGI STAFF BIDANG KEPEMUDAAN DINAS PARIWISATA,KEBUDAYAAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA (DISPARBUDPORA)DAN KOMUNITAS PEMUDA KREATIF TUBAN
Keywords:
Pelatihan, Bahasa Inggris, calon duta pemudaAbstract
Bahasa Inggris sebagai bahasa asing mempunyai posisi yang sangat strategis di era globalisasi saat ini. Penggunaan Bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan global yang semakin maju, terutama bagi generasi muda yang dituntut untuk mampu berbahasa inggris agar dapat t mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu pelatihan Bahasa Inggris bagi staff Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan Bahasa Inggris komunikasi dan memberikan pengetahuan bagaimana etika berbahasa Inggris dalam pergaulan internasional. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada tanggal 26-29 Agustus 2019 yang bertempat di Gedung Perpustakaan Unirow, Tuban lantai 3. Pihak-pihak yang mengikuti pelatihan adalah para staff bagian Kepemudaan Disparbudpora, dan Komunitas Pemuda Kreatif yang termasuk calon duta pemuda kreatif dan inovatif, Kabupaten Tuban. Jumlah peserta adalah 35 orang.Materi pelatihan meliputi Introduction on a speech, describing something (tourism destination, historical sites, and popular places), and welcoming visitors. Penyampaian materi dilakukan melalui ceramah, diskusi, tanya jawab dan dialog praktek dialog maupun monolog. Pelaksanaan dari penelitian ini yang meliputi perencanaan, proses dan hasil secara umum dinilai peserta sangat baik (54%). Evaluasi dilakukan dihari terakhir dengan memberikan tes berupa dialog practice. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini dirasa memberikan manfaat bagi para pemuda, terutama untuk pengembangan skill peserta dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan orang asing
References
[2] Horiba, K, Juni 2015 dalam http://www.mdn.biz.id/n/168306/
[3] Website resmi Disparbudpora Kabupaten Tuban(https://disparbudpora.tubankab.go.id/page/visi-dan-misi)
[4] Rohaeti, Salimi, Sugiyono. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, III (4), halaman 1 – 12
[5] Satriani, et. Al. 2012. Contextual teaching and learning approach. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 2 No. 1, July 2012, pp. 10-22
[6] Tri Septa, Nurhanotor, 2018. Pelatihan Bahasa Inggris Untuk Pelaku Usaha Di Kawasan Pariwisata Desa Gading, Kecamatan Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pengabdian “ Dharma Bakti “ Vol.1, No.1, Februari 2018 , hal 51stival