PELATIHAN PRODUK TONGKOL ASAP “SEHI”
Keywords:
3-5 Tongkol asap SEHI, Alat pengasapan Ikan “Efhilink”;, peningkatan produk, inovasi tehnologiAbstract
Ikan Asap saat ini menjadi komoditi unggulan bagi nelayan dan pengusaha perikanan. Akan tetapi pengusaha perikanan bidang pengasapan di kabupaten Tuban belum memiliki persyaratan dasar cara memproduksi hasil perikanan yang baik dan benar. Dan sebagian besar hanya untuk memenuhi syarat ikan diasapi. Sebagai ikan asap yang dihasilkan sering menggunakan bahan tambahan untuk dapat meningkatkan daya awat ikan asap yang dihasilkan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah (1) memperbaiki produk ikan asap sesuai SNI Produk Ikan Asap, (2) mengenalkan cara memproduksi TONGKOL ASAP “SEHI”. Sasaran kegiatan adalah Poklahsar Ikan Asap Karangsari. Sedangkan manfaat yang diperoleh antara lain meningkatkan (1) nilai jual tongkol asap, (2) daya awet dan pemasaran tongkol asap, (3) mutu dan kuantitas produk tongkol asap (4) pendapatan Poklahsar Ikan Asap. Kegiatan ini dimulai dari survey lapangan terhadap sumberdaya ikan tongkol dan potensi pasar, kemudian dilanjutkan pembuatan peralatan pengasapan “Efhilink” dan pembuatan produk “Tongkol Asap SEHI”. Keunggulan produk ini dimulai dari proses pasca panen mulai dari ikan di tangkap sampai ke unit pengolahan ikan, kemudian penggunaan peralatan pengasapan Efhilink. Produk “Tongkol Asap SEHI” adalah tongkol yang berukuran 60-65 cm dengan berat 750 gram – 1 kg dari jenis tongkol Euthynnus Sp (Euthynnus pelamis dan Euthynnus lineatus) yang biasa diperoleh nelayan Tuban dengan model penangkapan one day fishing dan diharapkan dapat menjadi alternatif baru produk pangan yang memperhatikan keamanan pangan bagi konsumen di samping dapat meningkatkan pendapatan dari pengusaha ikan asap. Potensi pasar adalah wisatawan yang datang di Kabupaten Tuban atau orang yang melakukan perjalanan antara Surabaya-Jakarta. Dipasarkan langsung oleh oleh Poklahsar ikan Asap yang merupakan binaan Fakultas perikanan dan kelautan dengan menggunakan kios-kios kecil yang ada di sepanjang pesisir Kabupaten Tuban. Potensi pasar lainnya adalah supermarket dan toko oleh-oleh di Kabupaten Tuban, selain itu akan di jual secara online dengan membuat web pemasaran sendiri. Produk siap dikomersialkan dengan menggunakan pengemasan vakum press untuk mengurangi hubungan langsung produk dengan udara terbuka serta memberi label batas expired (kadaluarsa).
References
[2] Murniyati, A.S. 2000. Pendinginan, Pembekuan, dan Pengawetan Ikan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
[3] DKP. 2014. Laporan Tahunan Kabupaten Tuban
[4] SNI 01-2354.2-2006. Penentuan Kadar Air Produk Perikanan
[5] SNI 2725:2013 Ikan asap dengan pengasapan panas