FESTIVAL DOLANAN IN ENGLISH SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK PADA GUGUS 02 SD PUSPITASARI KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Festival, Dolanan, EnglishAbstract
Gugus 2 SD “Puspitasari” adalah Sekolah Dasar yang tergabung sebagai SD unggulan di Kota Tuban Jawa Timur yang terdiri dari 5 SD yaitu SDN Kebonsari 1, SDN Kebonsari 2, SDN Kebonsari 3, SDN Kutorejo 3 dan SDN Sendangharjo 3 dengan 432 murid. Seluruh siswa yang tergabung dalam gugus 2 SD “Puspitasari” tersebut bertempat tinggal di kota dan saat ini hampir 98% permainan mereka sudah didominasi permainan modern yang mengandalkan kemajuan teknologi seperti Internet, Game Online, PC Game bahkan Jejaring Sosial. Mereka tidak mengenal permainan tradisional seperti dakon, engklek, boy dll. Selain itu terkait dengan pengajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar, terdapat berbagai persoalan yang dihadapi para murid gugus 2 SD “Puspitasari” Tuban dalam mempelajari bahasa Inggris. Persoalan tersebut terdapat dalam penguasaan empat keahlian berbahasa yaitu kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Tujuan kegiatan festival dolanan in English sebagai upaya melestarikan permainan tradisional sekaligus juga sebagai media pembelajaran bahasa inggris yang menarik dan efektif untuk anak. Pelaksanaan Festival Dolanan ini dengan 4 Zona yaitu Zona 1 terdapat pameran berbagai macam permainan tradisional anak, Zona 2 yaitu kegiatan menonton film bersama di layar lebar permainan tradisional anak, Zona 3 yaitu demontrasi permainan tradisional dimana anak diikutkan terlibat didalamnya, Zona 4 yaitu kegiatan melatih kreatifitas anak dengan membuat berbagai macam hiasan untuk memperindah tampilan alat permainan tradisional sehingga lebih menarik minat anak untuk ikut bermain dalam permainan tradisional contohnya menggambar pada layangan, mewarnai bola bekel dll.
References
[2] Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, 2017, Nilai bahasa inggris Anak SD di Kabupaten Tuban
[3] FSuharjana, M.Pd dkk, 2015. Laporan Pengabdian “Lomba Permainan Tradisional Sebagai Upaya Pelestarian Budaya” Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
[4] Suyanto, K. 2006. English for Young Learners: Melejitkan Potensi Anak melalui English Class yang Fun, Asyik dan Menarik. Jakarta: Bumi Aksara