PEMANFAATAN PROPAGUL MANGROVE SEBAGAI BAHAN PEMBUAT KOPI DI DESA SUKOLILO, KEC BANCAR. KAB TUBAN

  • Raka Nur Sukma Universitas PGRI Ronggolawe
  • Perdana Ixbal Spanton Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Mangrove, Kopi, Pemanfaatan

Abstract

Pemanfaatan buah bakau (mangrove) tidak sepopuler dibandingkan dengan pemanfaatan kayu batang pohonnya. Pemanfaatan kayu dari batang pohon mangrove digunakan untuk bahan baku pembuatan arang, kayu bakar, dan bahan bangunan. Akhir-akhir ini banyak pihak yang melakukan penelitian manfaat buah mangrove bagi kepentingan manusia sebagai bahan baku makanan, minuman/sirup, sabun, lulur dan zat perwarna. Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang telah berhasil membuat produk dan ditulis didalam sebuah skripsi yang berjudul “Pemanfaatan Propagul Rhizopora sp Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kopi”.Pemanfaatan buah mangrove sebagai kopi sudah dilakukan oleh masyarakat sekitar hutan mangrove, namun hanya dilakukan di wilayah tertentu dan oleh sebagaian kecil masyarakat. karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang manfaat buah mangrove, pola pikir (mindset) masyarakat yang menganggap, bahwa satu-satunya sumber nutrisi hanya pada jagung dan lain sebagainya, belum banyak pengetahuan tentang potensi dan manfaat buah mangrove sebagai kopi. mangrove yang awalnya hanya dipandang sebelah mata untuk ekologi kini menjadi sebuah aset yang mampu memberikan nilai ekonomi. Masyarakat yang dulu enggan menanam mangrove dan cenderung menebangnya kini mulai berbondong-bondong melestarikan mangrove.

References

[1] Pringgenies.,dkk. 2015. Aplikasi Pewarnaan Bahan Alam Mangrove Untuk Bahan Batik Sebagai Diversifikasi Usaha Di Desa Binaan Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang.
[2] Rahadian., 2016. Proses Pengolahan Kopi Bubuk. Jurusan Ilmu Dan Teknologi Pangan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Published
2019-09-21
How to Cite
Raka Nur Sukma, & Perdana Ixbal Spanton. (2019). PEMANFAATAN PROPAGUL MANGROVE SEBAGAI BAHAN PEMBUAT KOPI DI DESA SUKOLILO, KEC BANCAR. KAB TUBAN. Prosiding SNasPPM, 4(1), 189-192. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/260