PENGELOLAAN ISU PERANG TOTAL DAN PEMINDAHAN MARKAS PEMENANGAN PRABOWO-SANDI KE JAWA TENGAH OLEH MEDIA TERKAIT PEMILIHAN UMUM PRESIDEN RI TAHUN 2019

  • Agung Wibiyanto Politeknik Indonusa Surakarta
  • Wahyu Tri Hastiningsih Politeknik Indonusa Surakarta
Keywords: Pengelolaan Isu, perang total, pemindahan markas pemenangan Prabowo-Sandi

Abstract

Penelitian ini menitikberatkan di dalam membedah beberapa isu yang muncul terkait pemilihan presiden 2019 di Jawa Tengah dan juga menganalisis pengelolaan isu perang total dan pemindahan markas pemenangan Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah oleh media. Peneliti menganalisis pengelolaan isu perang total dan pemindahan markas pemenangan Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah, di mana didasarkan define problem dari isu yang muncul yakni pernyataan Moeldoko akan perang total untuk memenangkan pasangan Jokowi-M’aruf dan pemindahan markas pemenangan Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah untuk membalas kekalahan di Jawa Tengah pada pemilu 2014. Diagnoses causes yang dianalisis menonjolkan strategi politik, di sisi isu perang total untuk mempertahankan basis suara untuk pasangan Jokowi-M’aruf di Jawa Tengah dan di sisi isu pemindahan markas pemenangan Prabowo-Sandi ke Jawa Tengah menjajagi suara Prabowo di Jawa Tengah mengingat dari hasil pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 dengan perolehan suara Sudirman Said 41% memberikan harapan baru bagi Prabowo untuk meraup suara di kandang Jokowi-M’aruf. Sementara untuk make moral judgement dan treatment recommendation yang ditonjolkan sebaiknya isu isu tersebut dijadikan ajang edukasi pembelajaran di masyarakat untuk mengenalkan program kebijakan pasangan calon presiden yang bersaing dengan membatasi isu isu negatif seperti politik identitas dll sesuai dengan kaidah agenda setting yang meliputi agenda media, agenda publik dan agenda kebijakan.

References

[1] Edi Santoso. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[2] Eriyanto. 2009. Analisis Framing, Konstruksi, Ideology dan Politik Media. Yogyakarta: LKIS.
[3] F. Rachmadi. 1990. Perbandingan Sistem Pers: Analisis Deskriptif Sistem Pers di Berbagai Negara. Jakarta: Grapers.
[4] Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. 2005. Theories of Human Communication (Eight Edition). USA: Thomas Wadsworth.
[5] McQuail, Dennis. 2009. Mass Communication Theory (Six Edition). New York: Sage
[6] West, Richard & Lynn H. Turner. 2007. Introducing Communication Theory: Analysis and Application (Third Edition). Jakarta: Salemba Humanika.
[7] Mulyana, D. 2003. Ilmu Komunikasi sebagai Pengantar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
[8] Nasrullah, R. 2013. Cybermedia. Yogyakarta: IDEA PRESS.
[9] Nasrullah, R. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosio teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
[10] Poloma, M. 2004. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[11] Salim, A. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
[12] Abdul Malik, 2017. Meme dan Visualisasi Kebencian Netizen Dalam Kasus Penistaan Agama, Jurnal Rekam Ilmu Komunikasi Universitas Serang Banten Vol 13 No 2 : 1-13,
[13] Retno Mnuhoro Setyowati,2011, Wikileaks dan Agenda Setting Media, Jurnal The Messenger Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Semarang Vol 2 No 2 : 1-12
[14] Agung Wibiyanto, 2017 Pemberitaan Sunny Tanuwidjaja (Analisis Framing Media Online Terhadap Pemberitaan Sunny Tanuwidjaja di Tempo, Kompas, Merdeka, Tribun, Detik), Jurnal Ikon Vol I No 5 : 1-9
[15] Salman, Ali dan Suhana Saad. 2015. Online Political Participation: A Study of Youth Usage of New Media. A Journal: National University of Malaysia. Mediterranean Journal of Social Sciences Vol 6 No 4 : 21-33
[16] Wallsten, Kevin. 2007. Agenda Setting and The Blogosphere: An Analysis of The Relationship between Mainstream Media and Political Blog. Review of Policy Research, 24: 567-587. https://doi.org/10.1111/j.1541 1338.2007.00300.x
[17] Tapsell, Ross. 2017. Media Power in Indonesia (Oligarchs, Citizens, and The Digital Revolution). London : Rowman & Littlefield International Ltd
[18] Ahmad, Nyarwi. 2017. Marketisation and Professionalisation of Campaigning of Political Parties in the New Democracy: An Investigation of the Structural Conditions and Factors that Determined the Development of Marketization and Professionalization of Campaigning of the Indonesian Political Parties in the Post Soeharto New Order. PhD.Tesis yang dipublikasikan oleh Bournemouth University
[19] Detik.com. 2018. Selamat Datang “PerangHashtag”!.https://news.detik.com/kolom/d-3997657/selamat-datang-perang-hashtag. Diakses pada tanggal 05 Desember 2018.
[20] Wawancara dengan B S ( Kedaulatan Rakyat), 27/4/2019
[21] Wawancara dengan AKS ( Kedaulatan Rakyat) 21/4/2019
[22] Wawancara dengan AK ( Tribun Jateng) 24/5/2019
[23] Wawancara dengan RE ( Tribun Jateng) 14/6/2019
[24] Wawancara dengan BJ ( Solo Pos ) 13/7/2019
Published
2019-09-21
How to Cite
Agung Wibiyanto, & Wahyu Tri Hastiningsih. (2019). PENGELOLAAN ISU PERANG TOTAL DAN PEMINDAHAN MARKAS PEMENANGAN PRABOWO-SANDI KE JAWA TENGAH OLEH MEDIA TERKAIT PEMILIHAN UMUM PRESIDEN RI TAHUN 2019. Prosiding SNasPPM, 4(1), 124-133. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/271