MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MEDIA AUDIOBOOK DAN QUIZ I-SPRING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR

  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Agus Wardhono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Edy Nurfalah Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Kepraktisan model, ICT, e-learning, kemandirian belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan model dan perangkat pendukung model yang berkualitas (valid, praktis dan efektif) serta dapat mengimplementasikan skala luas model pembelajaran berbasis ICT menggunakan media audiobook dan quiz I-spring untuk meningkatkan kemandirian dan hasilĀ  belajar mahasiswa. Jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada metode pengembangan plomp meliputi tahap pengkajian awal, tahap perencanaan, tahap rekonstruksi, tahap tes, evaluasi dan revisi, serta tahap implementasi. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi dengan subyek penelitian pada mahasiswa program studi Manajemen dan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gresik. Kesimpulan penelitian keterlaksanaan model pembelajaran berbasis ICT kategori tinggi dan efektif. Hasil dan kemandirian belajar mahasiswa tinggi. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap media audiobook, quis I-spring, buku ajar, suasana pembelajaran.

References

[1] Dumiyati, 2017. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran English For Specific Purpose (ESP) berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional PPM Unirow III, Tuban, 23 September 2017.
[2] Sunarno, W,. Sukarmin, Supurwoko, dan Delisma, W. A. 2016. Upaya Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran IPA Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer (ICT) Bagi Guru IPA SMP Di Kabupaten Wonogiri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 22 Oktober 2016 di Surakarta.
[3] Dipokusumo, F. 2014. Buku Digital Punya Efek Negatif untuk Anak. Tempo.co. http://www.tempo.co/read/ news/2014/03/02/079558739/Buku-Digital-Punya-Efek-Negatif-untuk-Anak. Diakses tanggal 19 september 2019.
[4] Anwas, O.M. 2014. Audobook Media pembelajaran Masyarakat Modern, Journal Teknodik Vol. 18 nomor 1, april 2014. P 54-69.
[5] Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru dari Pra-jabatan, Induksi, ke Professional Madani. Jakarta : Prenada Media.
[6] Darmawan, D. 2016. Pengembangan E- Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[7] Dumiyati; Wardhono, A.; Nurfalah, E. 2019. Kepraktisan dan Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran berbasis ICT. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan (JPEKA). Vol 3 No.1. Mei 2019.
[8] Aqib, Z. dan Murtadlo, A. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu nusa
[9] Akarawang, C. 2016. Developing ICT Competency for Thai Teachers through Blended Training. Journal of Education and Learning. Vol. 10 (1) pp. 15-21.
[10] Anwariningsih, S.H dan Ernawati, S. 2013. Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning. Vol.7 (2) pp. 121-128.
[11] Silva, H,S., et.all. .2017. The Use of Technologies for Teaching Dentistry in Brazil: Reflections from an Integrative Review. Journal International Education Studies; Vol. 10, No. 4; 2017. ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. URL: https://doi.org/10.5539/ies.v10n4p172
[12] Halidi, H. M., Sarjan N. Husain, dan Sahrul S. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. e-Jurnal Mitra Sains, 3(1): 53-60.
[13] Bidarian, S; Bidarian, S; Davoudi, A.M. 20111. A Model for Application of ICT in the Process of Teaching and Learning. Procedia: Social and Behavioral Sciences 29 (2011) 91032-104). International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2011).
[14] Plomp, Tjeerd., 1997. Educational and Training System Design. Ensche de, The Netherlands: Univercity of Twente.
[15] Musthan, Z. 2015. Model Pembelajaran Pai Berbasis Tik Yang Valid Dan Efektif Pada Sman 4 Kendari. Jurnal of EST, Volume 1, Nomor 1 Juni 2015 hal. 88-98 ISSN:2460-1497
Published
2019-09-21
How to Cite
Dumiyati, D., Agus Wardhono, & Edy Nurfalah. (2019). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ICT DENGAN MEDIA AUDIOBOOK DAN QUIZ I-SPRING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR . Prosiding SNasPPM, 4(1), 52-57. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/283