MENAKAR DAMPAK KEKERASAN VERBAL DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP SE-KOTA MADIUN

  • Wenny Wijayanti Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
  • Agustinus Djokowidodo Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Keywords: Kekerasan Verbal, Guru, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bentuk kekerasan verbal dalam pembelajaran di SMP se-Kota Madiun dan (2) mengetahui dan mendeskripsi dampak kekerasan verbal dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di SMP se-Kota Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan data berupa hasil angket dan sumber data penelitian ini adalah peserta didik di SMP N se-Kota Madiun yang terdiri atas SMP N 4 Madiun, SMP N 10 Madiun, MTs. N Kota Madiun, dan SMP K Santo Yusuf Madiun. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian berupa bentuk kekerasan verbal yang terjadi selama pembelajaran yaitu bentuk mengejek, membentak, mengancam, menghina, menyinggung, memarahi, mengumpat, memanggil dengan nama buruk, dan memanggil dengan nama orang tua. Adapun dampak kekerasan verbal yang dilakukakn oleh guru tersebut yaitu menjadikan peserta didik merasa tidak percaya diri, takut, cemas, tertekan, depresi, malu, tidak semangat sekolah, membenci guru yang melakukan tindak kekerasan verbal.

References

[1] Eriyanti, Ribut Wahyu. 2011. Kekerasan Verbal dalam Pembelajaran di SMP Kota Malang. Program Pascasarjana UM: Disertasi.
[2] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2019-09-21
How to Cite
Wenny Wijayanti, & Agustinus Djokowidodo. (2019). MENAKAR DAMPAK KEKERASAN VERBAL DALAM PEMBELAJARAN OLEH GURU TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMP SE-KOTA MADIUN. Prosiding SNasPPM, 4(1), 40-43. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/285