PROSES PEMECAHAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PADA MATERI GRUP

  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit Mojokerto
  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit Mojokerto
Keywords: pemecahan soal, high order thinking skills, grup

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada materi grup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan dengan indikator soal High Order Thinking Skills (HOTS) yang terdiri atas level analisis, evaluasi, dan mencipta. Soal tersebut diberikan kepada 18 mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit. Kemudian dipilih satu mahasiswa kategori atas sebagai subjek. Untuk mengecek validitas data dilakukan triangulasi. Triangulasi yang dilakukan adalah triangulasi waktu. Hasil penelitian ini diperoleh pada tahap menganalisis, subjek dapat menganalisis informasi yang masuk dan membagi-bagi atau menstrukturkan informasi tersebut ke dalam bagian yang lebih kecil untuk mengenali pola atau hubungannya. Subjek dapat membagi-bagi informasi yang disajikan dalam soal ke dalam kelompok-kelompok bagian untuk memulai proses penyelesaian soal tersebut tetapi tidak  dapat mengenali hubungan dari informasi yang terdapat dalam soal dengan benar. Pada tahap mengevaluasi, subjek dapat menyusun gagasan dan membuat hipotesa. Subjek melakukan pengujian hipotesa dengan langkah yang kurang tepat tetapi menerima hipotesa yang dibuat. Pada tahap mencipta, subjek tidak dapat membuat generalisasi dari masalah yang diberikan dengan benar sehingga dalam merancang cara penyelesaian kurang tepat. Subjek dapat mengorganisasi informasi-informasi pada masalah yang diberikan menjadi struktur baru tetapi struktur baru yang dibentuk tidak sesuai dengan masalah yang diberikan.

References

[1] Idris, N. 2009. Enhancing Students’ Understanding in Calculus Trough Writing. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(1), 36–55.
[2] Hidayati, D. N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
[3] Heong,Y.M.,Othman,W.D.,Md Yunos, J.,Kiong,T.T.,Hassan,R.,&Mohamad, M.M.2011.The Level Of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Student.International Journal Of Social And Humanity, Vol. 1(2) July, 2011: 121-125.
[4] Thompson, T. 2008. An Analysis of Higher Order Thinking on Algebra I End-of Course Tests. www.cimt.plymouth.ac.uk/journal/thompson.pdf. Diakses 15 September 2018.
[5] Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom's taxonomy: An overview. Theory into practice,41(4), 212-218.
[6] Moleong, L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
[7] Samsudi, R. S. (2016). Higher Order Thinking Skills (modul mata kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika). Surakarta: FKIP UMS.
[8] Ayuningtyas, N. & Rahaju, E.B. 2013. Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa Smp Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. MATHEdunesa, 2(2) 1-9.
[9] Agung,.J. 2018.Higher Order Thinking Skill Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Grup.Naskah Publikasi Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Published
2019-09-21
How to Cite
Suesthi Rahayuningsih, & Rani Jayanti. (2019). PROSES PEMECAHAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MAHASISWA PADA MATERI GRUP. Prosiding SNasPPM, 4(1), 36-39. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/286