ANALISIS D1 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP IPA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANGUN 21st CENTURY SKILLS MAHASISWA

Authors

  • Heny Sulistyaningrum Universitas PGRI Ronggolawe
  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pendefinisian, perangkat pembelajaran, android, 21st century skills

Abstract

Menghadapi abad 21 maka perlu dilakukan upaya untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas menggunakan kemampuan yang disebut dengan keterampilan abad 21( 21st century skill). Kemampuan ini tidak hanya harus dimiliki oleh peserta didik, namun, guru harus memiliki keterampilan tersebut  karena sebagai penentu utama terciptanya pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis android untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), e-book, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan alat evaluasi. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menerapkan Four-D (4D) Model dari Thiagarajan, yag meliputi define, design, develop, and dessiminate. Desain penelitian ini digunakan karena lebih spesifik dalam pengembangannya. Artikel ini mengupas hasil analisis tahap 1 (D1), yaitu tahap define (pendefinisian). Tahap pendefinisian dilakukan dengan lima langkah, yakni analisis ujung depan, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Hasil analisis D1 digunakan sebagai acuan pada tahap design.

References

[1] Litbang, Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21/. Pada tanggal 27 Februari 2018 pukul 10.57.
[2] Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
[3] Winata, A, Sri, C., & Ifa, S.R.W. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA, Education and Human Development Journal, 1 (1): 34-39.
[4] Serafimov, L. 2013. Mobile Learning Platform. The 9th International Scientific Conference eLearning and Software for Education, Bucharest, 194-199.
[5] Sykes, E. R. 2014 . New Methods of Mobile Computing: From Smartphone to Smart Education, Tech Trends , 26-37.
[6] Sulistyaningrum, H., Winata, A., Cacik, S. 2019. Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1), 142-158.
[7] Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974 . Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
[8] NCREL dan Metiri Group. 2003 . EnGauge 21st Century Skills. Digital Literacies for a Digital Age. (Online). (http://www.ncrel.org/engauge/skills/ski lls.htm), Accesed on Mei 29th 2019.

Additional Files

Published

2019-09-21

How to Cite

Sulistyaningrum, H., Anggun Winata, & Sri Cacik. (2019). ANALISIS D1 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP IPA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANGUN 21st CENTURY SKILLS MAHASISWA. Prosiding SNasPPM, 4(1), 10–15. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/291