MEMBANGUN KEBERSAMAAN, KEPERCAYAAN DAN KETERAMPILAN KERJASAMA DENGAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Keywords:
Pembelajaran kolaboratif, kebersamaan, kepercayaan dan keterampilan kerjasamaAbstract
Salah satu cara yang terbaik bagi pebelajar untuk belajar adalah mengalami dan menghadapi tantangan permasalahan ilmu pengetahuan, berpikir kritis, membiasakan bekerjasama, saling mempercayai dan melakukan tindakan yang berhubungan dengan usaha untuk memecahkannya. Pembelajaran kolaboratif menekankan pada tugas spesifik dan berbagi tugas dalam kerja kelompok, membandingkan kesimpulan dan prosedur kerja kelompok dan memberikan kepercayaan yang lebih besar pada pebelajar untuk berpendapat dalam kelompok dan antar kelompok. Oleh karena itu melelui pembelajaran yang seperti ini akan terbangun kebersamaan, saling percaya dan kerjasama yang baik antara anggota kelompok yang satu dengan yang lain dan antar anggota dalam satu kelompok dengan anggota kelompok yang lain serta seluruh anggota kelompok mempunyai kedudukan yang sejajar.
References
[2] Hill, S. & Hill, T. 1993. The Collaborative Classrom: a guide cooperaative learning. Australia. Eleanor Curtain Publisshing.
[3] Gokhale, A. A. 1995. Collaborative Learning Enhanches Critical Thinking. Journal of Technology Education. 1(7) 1-9.
[4] Sumaatmadja, N. 2000. Perspektif Studi Sosial. Bandung: Alumni.
[5] Johnson, C.D. 1983. The morally educated person in a pluralistic society. Journal Educational Theory, 31 (3&4) 237 – 249.
[6] Johnson, D.W. & Johnson, R.T, & Holubec,E. 2004. The New Circles of learning. Virginia: Alexandria.
[7] Dillenbourg, P. 1999.Collaborative-learning: Cognitive and Computa-tional Approaches. (1-19). Oxford: Elsevier.
[8] Cabrera, AF., Nora, A., Crissman, Jl., Terenzini, P.T., Bernal, Elena M., & Pascarella, ET. 2002. Collaborative Learning: Its Impact on College Students Development and Diversity. Journal of College Students Development, 1 (43), 20-34.