CPM-CS UNTUK OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK

  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: CPM, Cuckoo Search, Penjadwalan Proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma metaheuristik yang mampu menyelesaikan masalah optimasi penjadwalan proyek. Penjadwalan proyek dioptimalkan dengan meminimalkan waktu pengerjaan proyek dan penyimpangan biaya harian proyek terhadap rata-ratanya. CPM-CS merupakan kombinasi dari metode analitik Critical Path Method (CPM) dan metode metaheuristik Cuckoo Search (CS). Hasil dari metode CPM berupa waktu tercepat (terlambat) dimulainya kegiatan, digunakan sebagai input batas bawah dan batas atas waktu pengerjaan proyek pada algoritma CS. CPM-CS diujikan pada masalah optimasi penjadwalan proyek dan hasilnya dibandingkan dengan hasil perhitungan rata-rata penyimpangan biaya harian dengan CPM (Earliet dan Latest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa CPM-CS dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan proyek dengan penyeimbangan biaya harian. CPM-CS memberikan hasil yang lebih optimal daripada CPM (Earliet dan Latest).

References

Andriani, Y., Nurfatwa. 2017. Sistem Informasi Penjadwalan Proyek Performansi Biaya pada PT. Kelana Buana Sulawesi Selatan. Jurnal INSTEK. Vol. 2, No. 2, Hal. 61-70.
Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). SEBARAN DEBU JUBUNG PABRIK KAPUR DENGAN GAUSSIAN PLUME. MathVisioN, 1(02), 79-82.
Arifudin, R. 2011. Optimasi Penjadwalan Proyek dengan Pernyeimbangan Biaya Menggunakan Kombinasi CPM dan Algoritma Genetika. Jurnal Masyarakat Informatika. Vo. 2, No. 4, Hal. 1-14.
Dimyati, A. & Dimyati, T. 1999. Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo.
Farlianto. 2015. Studi Faktor-Faktor Keterlambatan Proyek pada Kontraktor di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen. Vo. 12, N0. 2, Hal. 10-27.
Jannah, S. R., Muzdalifah L., dan Kurniawati, E. F. 2018. Optimasi Waktu Penjadwalan Proyek Pembangunan Perumahan Menggunakan Critical Path Method (CPM)/ Program Evaluation and Review Technique (PERT) dan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus CV. Granada Property). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat III, 461-465. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Tuban, 29 September.
Junaidi. 2012. Pengendalian Waktu dan Biaya pada Tahap Pelaksanaan Proyek dengan Menggunakan Metode Nilai Hasil (Studi Kasus: Proyek Lanjutan Pembangunan Gedung PIP2B Kota Manado). Jurnal Sipil Statik. Vol. 1, No. 1, Hal. 44-52.
Muzdalifah, L. 2016. Binary Cuckoo Search untuk Optimasi Portofolio dengan Kendala Cardinality. Jurnal AdmathEdu. Vol. 6, No.1, Hal. 25-32.
Muzdalifah, L. 2016. Binary Cuckoo Search Untuk Masalah Optimasi Diskrit. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya, 1229-1233. Universitas Negeri Malang, Malang, 13 Agustus.
Muzdalifah, L. 2018. Optimasi Portofolio dengan Kendala Buy-In Threshold menggunakan Metode Cuckoo Search. Jurnal Riset dan aplikasi Matematika. Vol. 2, No.1, Hal. 13-22.
Sediyanto dan Hidayat, A. 2017. Analisis Kinerja Biaya dan Waktu pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi dengan Metode Earned Value (Studi Kasus Proyek Konstruksi Mall dan Hotel X di Pekanbaru). Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer. Vol. 1, No. 1, Hal. 36-51.
Soeharto, I. 1999. Manajemen Proyek (dari Konseptual sampai Operasional), Edisi Kedua, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Taha, H. A. 2007. Operations Research: An Introduction, Eighth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Published
2019-09-21
How to Cite
Muzdalifah, L., & Kurniawati, E. F. (2019). CPM-CS UNTUK OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK. Prosiding SNasPPM, 4(1), 163-166. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/294