PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK MELALUI SENTRA PASAR DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Citra Dewi Rosalina Arifin universitas pgri ronggolawe tuban

Keywords:

Model pembelajaran sentra pasar, perkembangan sosial, perkembangan bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perkembangan kemampuan sosial dalam pembelajaran melalui sentra pasar, dan (2) permasalahan dan solusi yang dihadapi dalam perkembangan kemampuan social dan bahasa anak melalui sentra pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis berupa studi kasus. Lokasi penelitian di TK Hidayatun Najah. Subyek penelitian adalah anak kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, paparan data, dan menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial dan bahasa anak melalui sentra pasar di TK Hidayatun Najah Tuban dengan kegiatan Jual beli dapat berkembang dengan adanya interaksi sosial antara anak yang berperan sebagai pembeli atau penjual di sentra pasar. Permasalahan dalam perkembangan sosial dan bahasa melalui sentra pasar yaitu kurangnya kesempatan anak dalam bersosialisasi dan berbahasa yang sesuai dengan tuntutan sosial, menjadi anak yang nantinya mampu bermasyarakat. Sehingga akan diberikan solusi yaitu dengan memainkan peran sosial yang dapat diterima dengan penggunaan bahasa yang sesuai melalui kegiatan jual beli di sentra pasar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, edisi Revisi IV. Jakarta: Rineka Cipta
Asmawati, Luluk dkk. 2000. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Asmawati, Luluk dkk. 2008. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Cavell, T.A, Meehan, B.T., & Fiala, S.E. 2003. “Assessing Social Competence in Children and Adolescent”. Handbook of Psikological and Educational of Children. New York: The Guildford Press.
Depdiknas , 2007. Pedoman penerapan Pendekatan Beyond Centres and Circle Time (BCCT). (Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran) dalam Pendidikan anak usia
Dini. Jakarta: Depdiknas
Emzir, Prof.Dr. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jilid 1, Edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Kementrian Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Nurbiana, Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka Smith, K. Peter Dkk. 2011. Understanding Children’s Development Fifth Edition. United Kingdom: Wiley
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatakan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani N. 2010. Bermain Kreatif berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Additional Files

Published

2017-02-25

How to Cite

Arifin, C. D. R. (2017). PERKEMBANGAN SOSIAL DAN BAHASA ANAK MELALUI SENTRA PASAR DI TAMAN KANAK-KANAK. Prosiding SNasPPM, 1(1), 9–14. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/3