KELAYAKAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KINERJA PERUSAHAAN CV. WARDHANA

  • Bachtiar Rahman Halik Universitas Wijaya Putra
  • Novrida Qudsi Lutfillah Universitas Wijaya Putra
  • Onny Purnamayudhia Universitas Wijaya Putra
Keywords: Debt to Equity Ratio., Fixed Assets Turnover, Return on Equity, Kinerja Perusahaan

Abstract

Berkembangnya era perekonomian saat ini, persaingan antar perusahaan yang semakin besar baik produk maupun jasa akan berdampak pada ketatnya seleksi perusahaan yang tetap bertahan atau memenangkan persaingan. Terutama pada perusahaan peralatan industri yang ada di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan diri dan meningkatkan daya saing produknya, sehingga akan mampu menghadapi persaingan yang semakin kompentetif di antara negara ASEAN. Dalam mengevaluasi kinerja keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan analisis laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas pada kinerja keuangan CV. Wardhana. Penelitian ini menggunakan metode analisa horizontal dengan penelitian kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Landasan teori yang digunakan adalah variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Rasio likuiditas kurang baik. Rasio solvabilitas khususnya Debt to Equity Ratio kurang baik, hal ini menunjukkan bahwa usaha operasional perusahaan banyak dibiayai dari sektor hutang (perusahaan tidak sehat). Rasio aktivitas, kecuali Fixed Assets Turnover dan Assets Turnover, secara umum baik (efektif). Rasio profitabilitas, kecuali Return on Equity, masih profitable

References

Ayu Made Widhiari dan Aryani Aryani Merkusiwati, 2015. Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Operating Capacity, Dan Sales Growth Terhadap Financial Distress. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Erawati, A. P. 2014. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earning per Share Terhadap HARGA Saham (Study Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011), Jurnal Akuntansi Vol.2 No.1. Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Hamidu, Novia P. 2013, Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perbankan Di BEI, Jurnal EMBA 711 Vol.1 No.3. Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kasmir. 2008, Analisis Laporan Keuangan. Edisi pertama. Rajawali Pers. Jakarta.

Kasmir. 2012, Dasar-Dasar Perbankan. Edisi revisi. Rajawali Pers. Jakarta.

Kasmir. 2013, Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers: Jakarta.

Kuncoro, M. 2003, Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.

Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna TBK. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September , Hal.619-628. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Munawir, S. 2007, Analisis Laporan Keuangan. Edisi keempat. Yogyakarta: Liberty.

Pongoh, M. 2013. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources TBK, Jurnal EMBA 669 Vol.1 No.3 September, Hal. 669-679. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado.

Published
2020-08-22
How to Cite
Halik, B. R., Lutfillah, N. Q., & Purnamayudhia, O. (2020). KELAYAKAN LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KINERJA PERUSAHAAN CV. WARDHANA. Prosiding SNasPPM, 5(1), 32-38. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/306