EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PENERIMAN PESERTA DIDIK BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Rini Ratna Nafita Sari Universitas Kahuripan Kediri
  • Petty Arisanti Universitas Kahuripan Kediri
Keywords: Evaluasi Kebijakan, Sistem Zonasi, PPDB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kebijakan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kota Kediri termasuk di dalamnya respon serta kendala yang dihadapi oleh masyarakat terdampak. Penelitian ini mengggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik Sampling yang digunakan dalam metode penelitian ini purposive (snowball), dan berkembang selama proses penelitian. Informan dalam penelitian ini mencakup pihak pihak yang terdampak oleh pelaksanaan sistem zonasi yakni meliputi Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru (Panitia PPDB), dan orang tua siswa baru. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik wawancara. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama adalah PPDB pada tingkat SMA di Kota Kediri telah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kedua Respons masyarakat ada yang mendukung, namun juga ada yang tidak mendukung kebijakan zonasi ini. Ketiga kendala yang dihadapi selama pelaksanaan zonasi adalah, sosialisasi kepada masyarakat khususnya walimurid yang masih kurang, tidak semua kecamatan memiliki sekolah negeri. Komposisi siswa yang bervariasi menjadi tantangan tersendiri bagi Guru, serta adanya indikasi pemalsuan dokumen oleh Wali Murid dengan tujuan agar bisa masuk ke sekolah yang dianggap bereputasi.

References

Undang-Undang Dasar 1945

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Balai Pustaka

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin .2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Jakarta. PT Buku Kita.

Ismail, Nawawi. 2009. Public Policy: Analisis, Strategi Advokasi Teori dan Praktek Surabaya: Putra Media Nusantara, 136.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta.

Widodo, Joko. 2017. Analisis Kebijakan Publik: Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik, Malang: Media Nusa Creative, 107.

Khasanah, U. 2018. Analisis Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Perspektif Stakeholder Sekolah. Online http://etheses.uin-malang.ac.id/, diakses tanggal 25 April 2020.

Published
2020-08-22
How to Cite
Sari, R. R. N., & Arisanti, P. (2020). EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PADA PENERIMAN PESERTA DIDIK BARU SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosiding SNasPPM, 5(1), 19-24. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/308