PLAZA IKAN SEBAGAI SENTRA PERDAGANGAN IKAN ASAP DI KABUPATEN TUBAN

  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftachul Munir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Muhammad Zaenuddin Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Plaza Ikan, Sentra Perdagangan, Ikan Asap

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Plaza Ikan memberikan tempat jualan yang representative dan nyaman. Pesisir merupakan daerah yang sarat akan potensi perikanan. Namun demikian pada dasarnya masyarakat pesisir atau masyarakat nelayan identik dengan kemiskinan yang sampai saat ini menjadi fenomena klasik pesisir. Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Tuban dalam meningkatkan nilai tambah produk ikan adalah mendirikan Plaza ikan. Plaza ikan merupakan tempat pelelangan ikan terpadu yang dikemas secara modern dan mengintegrasikannya dengan penjualan ikan segar, ikan asap dan berbagai olahan ikan. Dengan konsep integrasi tersebut di harapkan meningkatkan perekonomi nelayan Tuban. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan pengumpulan data dengan teknik wawancara dan kuisioner. Dari 30 responden yang menjawab lokasi mudah dijangkau terdapat 21 responden sangat setuju, 9 responden setuju. Lokasi terjangkau dari jalan umum, 19 responden sangat setuju, 2 responden setuju, 5 responden ragu-ragu, 4 responden tidak setuju, Lokasi dekat dengan bahan baku, 17 responden sangat setuju, 4 responden setuju, 3 responden ragu-ragu, 6 responden tidak setuju. Bisa menaikkan harga, 10 responden sangat setuju, 4 responden setuju, 2 responden ragu-ragu, 5 responden tidak setuju, 5 responden sangat tidak setuju.

References

Fitriana, Ria dan Nastasha Staceg. 2012. The Role of Woman in The Fisherys Sector of Pantar Island, Indonesia dalam Asian Fisheries Science Special Issue, vol. 255. Australia: Charles Darwin University.

Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif hal-18: Metode Penelitian Alfabeta, Bandung.

Bintang. 2015.”Skripsi S1 Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang Dahuri, R. 2004. Membangun Indonesia yang Maju, Makmur dan Mandiri Melalui Pembangunan Maritim. Makalah disampaikan pada Temu Nasional Visi dan Misi Maritim Indonesia dari Sudut Pandang Politik, Jakarta, 18 Februari 2004.

Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Astriyanto, T. 2010. “Analisis Lokasi Usaha Sektor Informal Bidang Perdagangan dan Jasa di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang Kecamatan Gunungpati Kota Semarang” (Semarang Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2010).

Antyadika. B. E, 2012. Analisis Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Wong Art Bakery & Café Semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Published
2020-08-22
How to Cite
Yuyun Suprapti, Munir, M., & Zaenuddin, M. (2020). PLAZA IKAN SEBAGAI SENTRA PERDAGANGAN IKAN ASAP DI KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 46-51. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/310