RELASI SEKOLAH DENGAN MASYARAKAT: KONTEKS PARTISIPASI DAN TANTANGAN GLOBAL
Keywords:
relasi, masyarakat, hubungan masyarakat, Tantangan globalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relasi dan tingkat partisipasi masyarakat terhadap sekolah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya manajemen program kerja humas yang baik dalam membangun relasi sekolah secara eksternal maupun internal; adanya program unggulan di bidang akademik dan non-akademik juga menjadi publikasi tersendiri bagi sekolah; serta partisipasi masyarakat,yang diwakili oleh orang tua dan alumni, sudah mencapai indicator tingkatan sangat baik dalam bentuk finansial, material, akademik, dan evaluatif. Lebih dari itu, hubungan antara sekolah dan masyarakat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan global.
References
Normina. 2016. Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. IttihadJurnalKopertis Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 71-85.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Online). (kelembagaan.r istekdikti.go.id), diakses 9 September 2017.
Swift-Morgan, Jennifer. 2006. What Community Participation in Schooling Means: Insights from Southern Ethiopia. Harvard Educational Review, 76(3), 339¯ 368. Russell, Kenneth A. 2009. Community Participation in Schools in Developing Countries: Characteristics, Methods and Outcomes.
Pradhan, Menno, et al. 2012. Improving Educational Quality through Enhancing Community Participation: Results from a Randomized Field Experiment in Indonesia, (Online) (real.wharton.upenn.edu/), diakses 23 November 2017.
Uemura, Mitsue. 1999. Community Participation in Education: What do we know? (Online) (documents.worldbank.org › Site Map › Index › FAQ › Contact Us), diakses 23 November 2017.
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: RinekaCipta.
Shaffer, Sheldon. 1994. Participation for Educational Change: A Synthesis of Experience. Paris: UNESCO.
Gunawan, Imam, et al. 2017. Community Participation in Improving Educational Quality. Advances in Economics, Business and Management Research 45, 39¯ 47.
Ornstein, Allan C. and Daniel U. Levine. 1985. An Introduction to The Foundations of Education. Boston: Houghton Mifflin Company.
UNESCO. 2014. Sustainable Development Begins With Education: How Education Can Contribute To The Proposed Post-2015 Goals. Paris: UNESCO.
Lincoln, YS & Guba, Egon G. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hill, Caifornia: Sage Publications.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Keith, Sherry &Girling, Robert Henriques. 1991. Education, Management and Participation: New Direction in Educational Administration.Boston: Allyn & Bacon.
Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiratno, Budi. 2016. Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan IlmuSosial, Vol 26, No.1, Juni 2016, ISSN: 1412-3835
Ariyanti, N. F., Sobri, A.Y., Kusumaningrum, D. E. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. JurnalAdminitrasidan Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 1 Maret 2018.
Preston, Jane P. 2011. Influencing Community Involvement in School: A School CommunityCouncil. McGill Journal of Education. Volume 46 (2), 197-212.
Asmoni&Fathurrahman. 2018. Strengthening School Committee as an Effort to Increase Community Participation. Proceedings of the 5th International Conference on Community Development (AMCA 2018). https://dx.doi.org/10.2991/amca-18.2018.28.