VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP IPA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMBANGUN 21st CENTURY SKILLS MAHASISWA
Keywords:
perangkat pembelajaran, android, 21st century skillsAbstract
Keterampilan abad 21 atau 21st century skills diperlukan untuk merealisasikan pembelajaran yang berkualitas menyongsong abad 21. Keterampilan abad 21 penting dimiliki oleh mahasiswa calon guru sebagai penentu terciptanya pembelajaran yang berkualitas dengan kemampuan abad 21 peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran Konsep IPA berbasis android untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa PGSD sebagai calon guru SD; (2) menguji tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, e-book, buku dosen, Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), serta alat evaluasi. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini menerapkan model 4-D (four D model) yang dirancang oleh Thiagarajan. Empat tahap pada 4-D model meliputi: define, design, develop dan disseminate. Artikel ini hanya membahas terkait validasi perangkat pembelajaran konsep IPA berbasis android yang telah dikembangkan oleh peneliti meliputi expert appraisal. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran Konsep IPA telah tersusun dan mendapat masukan dari validator; (2) validasi isi, konstruk, dan perangkat pembelajaran layak untuk digunakan, karena termasuk kategori baik.
References
Litbang, Kemdikbud. 2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21. Diakses dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21/. Pada tanggal 27 Februari 2018 pukul 10.57.
Trilling, B., & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Sulistyaningrum, H., A. Winata, and S. Cacik, “Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 1, pp. 142–158, 2019.
Sulistyaningrum, H., A. Winata, and S. Cacik, “Analisis D1 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Ipa Berbasis Android Untuk Membangun 21st Century Skills Mahasiswa,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 10–15, 2019.
Winata, A, Sri, C., & Ifa, S.R.W. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Pada Konsep IPA, Education and Human Development Journal, 1 (1): 34-39.
Bousmah, M., dkk. 2015. MORAVIG: An Android Agent for the Project Mobile eLearning Session. International Journal of Computer Applications, 113(15): 12–19.
Serafimov, L. 2013. Mobile Learning Platform. The 9th International Scientific Conference eLearning and Software for Education, Bucharest, 194-199.
Sykes, E. R. 2014 . New Methods of Mobile Computing: From Smartphone to Smart Education, Tech Trends , 26-37
AECT. 2004. Defenisi teknologi pendidikan satuan tugas defenisi dan terminologi AECT : Seri Pustaka teknologi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. 1974 . Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel–Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.