PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA (MKWU) BERMUATAN KARAKTER KEBANGSAAN DAN KESADARAN PAJAK BERBASIS TEKS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI UNIROW TUBAN

Authors

  • Moh. Mu'minin universitas pgri ronggolawe tuban
  • Wahyu Mulyani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sarujin Sarujin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

perangkat perkuliahan, karakter kebangsaan, kesadaran pajak, berbasis teks, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat perkuliahan bahasa Indonesia bermuatan karakter kebangsaan dan kesadaran pajak berbasais teks dengan pendekatan saintifik di Unirow Tuban. Dalam penelitian ini dikembangkan perangkat perkuliahan yang berupa: 1) rencana pembelajaran semester (RPS), 2) materi, dan 3) penilaian perkuliahan bahasa Indonesia (MKWU) bermuatan karakter kebangsaan dan kesadaran pajak berbasis teks dengan pendekatan saintifik di Unirow Tuban. Kualitas perangkat dikaji berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan penelitian terapan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan menurut Fenrich (1997). Perangkat perkuliahan ini diterapkan pada Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Unirow Tuban. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk perangkat perkuliahan, baik RPS, materi, dan penilaian nilai kevalidan, kepraktisan, keefektifan yang baik.

References

Dick, Walter and Lou Carey. 1990. The Systematic Design of Instruction.Glenview: Scott, Foresman and Company.

Fenrich, Peter. 1997. Practical Guidelines for Creating Intructional Multimedia Applications. Fort Wort: The Dryden Press Harcourt BraceCollege Publisher.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2016. Bahasa Indonesia untuk perguruan Tinggi. Jakarta: KementerianRiset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Kemdiknas, 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan.

Sakti, N. W. 2014. Buku Pintar Pajak E- Commerce Dari Mendaftar Sampai Membayar. Jakarta: Visimedia.

Ikhwanuddin. 2013. Implementasi Pendi dikan Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 3, 153-163.

Inasius, F. 2014. Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. http://opinikompas. blogspot.co.id /2014/03

Iqbal, M. Pajak sebagai Ujung Tombak Pembangunan http://www.pajak.go.id.

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Mu'minin, M., Mulyani, W. ., & Sarujin, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA (MKWU) BERMUATAN KARAKTER KEBANGSAAN DAN KESADARAN PAJAK BERBASIS TEKS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI UNIROW TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 68–71. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/313