PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA KOMPETENSI MENGELOLA KARTU PIUTANG PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Keywords:
Pengembangan, Rubrik, Kartu PiutangAbstract
Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi mengelola kartu piutang yang valid dan reliabel. Tahap yang dilakukan terdiri dari: tahap awal; desain; ujicoba; dan implementasi. Sebagai rater dipilih guru yang mengajar akuntansi sebanyak duabelas orang dan sebelumnya dijelaskan dulu, tentang bagaimana mnggunakan rubrik. Analisis validitas isi menggunakan indeks Aiken dan reliabilitas menggunakan koefisien korelasi antar-kelas. Hasil hitung yang diperoleh di atas tabel, sehingga valid. Estimasi koefisien alpha digolongan istimewa, dan analisis koefisien korelasi antar-kelas memberikan gambaran bahwa rubrik yang bersangkutan sudah reliabiel.
References
Bernardin, H.J., & Russel, J.E.A., (1993). Human resource management, New Jersey International Edition Upper Saddle River, Prentice Hall
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction (4th ed.). White Plains, NY: Longman Inc.
BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.
Cascio, W.F., (1992). Managing human resources, productivity, quality of work life, profits, New York: McGraw-Hill Book Company.
Permendiknas RI No. 26 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetaaensi Guru, Jakarta.
Popham, W. J. (2009). Assessment literacy for teachers: Faddish or fundamental? Theory Into Practice, 48(1), 4–11.
Callison, D. (2000). Rubrics. School Library Media Activities Monthly, 17(2), 34–36, 42. Diambil pada tanggal 12 Mei 2019. Dari https://eric.ed.gov/ ?id=EJ620187
Campbell, C., & Collins, V. L. (2007). Identifying essential topics in general and special education introductory assessment textbooks. Educational Measurement, Issues and Practice, 26, 9–18. Diambil pada tanggal 12 Mei 2019. Dari http://onlinelibrary. wiley.com/doi/10.1111/j.1745-3992.2 007. 00084.x/epdf?r3_ referer= wol&tracking_action=preview_click&show_checkout=1&purchase_referrer=www.google.co.id&purchase_site_license=LICENSE_DENIED
Luft JA (1999) Rubrics: Design and use in science teacher education. J Sci Teacher Educ 10(2):107–121. Diambil pada tanggal 21 Desember 2019 dari https://www.researchgate.net/publication/226194338_Rubrics_Design_and_Use_in_Science_Teacher_Education
Marriott, P. (2009). Students’ evaluation of the use of online summative assessment on an undergraduate financial accounting module. British Journal of Educational Tech¬nology, 40, 237–254. Diambil pada tanggal 17 Nopember 2019 dari file:///E:/datar%20pustaka_60/71_developing-criteria-rubrics-in-the-art-classroom.pdf
Stiggins, R. (2002). Assessment crisis: The absence of assessment FOR learning. Phi Delta Kappan, 83(10), 758–765. Diambil pada tanggal 15 April 2013 http://www.electronicportfolios.org/afl/Stiggins-AssessmentCrisis.pdf