ANALISIS DISTRAKTOR SOAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA MAHASISWA PGSD

Authors

  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

distraktor, soal, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distraktor soal literasi sains mahasiswa PGSD di UNIROW Tuban pada materi suhu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020 di Prodi PGSD UNIROW Tuban. Subjek penelitian adalah mahasiswa Prodi PGSD UNIROW rombel 2019 C yang berjumlah 44 mahasiswa. Soal yang dianalisis berjumlah 11 soal terdiri dari enam indikator. Berdasarkan hasil analisis persentase pemilih dalam memilih pilihan jawaban pada soal-soal berbasis literasi sains materi suhu, menunjukkan bahwa dari 11 soal yang diuji cobakan ke 44 mahasiswa, hanya ada dua pilihan jawaban yang belum berfungsi sebagai distraktor yaitu pilihan jawaban A pada soal nomor 1 yang merupakan level 1 literasi sains dan pilihan jawaban E pada soal nomor 7 yang merupakan level 6 dalam literasi sains. Hasil tersebut tidak mengubah pilihan jawaban A pada nomor 1 dan pilihan jawaban E pada soal nomor 7 sebagai alternatif pilihan jawaban dan tetap disajikan dalam soal.

References

Arifin, Z. 2017. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, Prosedur). PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT BumiAksara.

Earl, K. & D. Giles. 2011. Another Look at Assessment: Assessment in Learning. Journal of Teachers’ Work, 8(1): 11-20.

Gormally, C., Peggy B., & Mary L. 2012.Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11 (2012), 364-377.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/ MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework (Mathematics, Reading, Problem Solving, and Financial Literacy). OECD Publishing: France.

OECD. 2018. PISA 2015 Result in Focus. OECD Publishing: France.

Widoyoko, S. E. P. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winata, A, Sri Cacik, Ifa Seftia R.W. 2016. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa pada Konsep IPA. Education and Human Development Journal, 1(1):34-39.

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Widiyanti, I. S. R. ., & Mizan, S. (2020). ANALISIS DISTRAKTOR SOAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA MAHASISWA PGSD. Prosiding SNasPPM, 5(1), 84–89. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/316