PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Ita Chairun Nissa Universitas Pendidikan Mandalika
  • Baiq Rika Ayu Febrilia Universitas Pendidikan Mandalika
  • Puji Lestari Universitas Pendidikan Mandalika

Keywords:

Penerimaan Mahasiswa, Pembelajaran Matematika Online, Pandemi Covid-19.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara online melalui Google Classroom sebagai dampak Pandemi Covid-19 dalam bidang pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan suatu mixed method yang menggunakan desain konvergen dengan tahapan paralel. Subjek penelitian adalah 11 mahasiswa yang mengambil mata kuliah aljabar abstrak. Instrumen pengumpul data terdiri dari kuesioner tertutup dan terbuka yang sebelumnya telah teruji valid oleh penilaian ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan mahasiswa masih belum baik terhadap pembelajaran matematika online. Mahasiswa masih menginginkan pembelajaran tatap muka di dalam kelas. Hal ini disebabkan karena pemberian materi dalam bentuk modul dan penugasan/quiz/ujian masih dirasa belum cukup untuk membantu mahasiswa memahami materi. Berbagai kendala juga turut mempengaruhi penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran matematika online seperti konektivitas internet yang kurang baik dan ketidakmampuan maahasiswa untuk menulis matematika menggunakan komputer. Dengan melakukan beberapa perbaikan atau penyempurnaan pada metode pengajaran dosen, maka hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi penelitian di masa depan terkait penerimaan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

References

Herliandry, L.D., Nurhasanah., Suban, M.E, & Heru, K. 2020. Pandemic Learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Kusuma, J.W., & Hamidah, H. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106.

Rusdiana, A., Suryana, Y., Hidayat, A., & Muin, A. 2020. POE2WE Learning Management Based on Google Classroom Blended Learning. International Journal Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 4994–5005.

Kemdikbud. 2017. Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Perguruan Tinggi, (online), (http://kemdikbud.go.id/, diakses 5 Agustus 2020).

Nadeak, B. 2020. The Effectiveness of Distance Learning Using Social Media during the Pandemic Period of Covid-19: A Case in Universitas Kristen Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 1764–72.

Jayalath, C., Wickramasinghe, U., & Kottage, H. 2020. Factors Influencing Orderly Transition to Online Deliveries during COVID19 Pandemic Impact Asian Journal of Education and Social Studies, 9(2), 10–24.

Sutrisno, S. 2020. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95–106.

Al-Maroof, R.A.S., & Al-Emran, M. 2018. Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study Using PLS-SEM Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(6), 112–123.

Iftakhar, S. 2016. Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Firman, F., & Rahayu, S. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.

Utami, R. 2019. Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 498–502, Universitas Negeri Semarang.

Lalu, U. Ali., & Zaini, M. 2020. Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. Society, 11(1), 27–34.

Hapsari, S. A., & Pamungkas. H. 2019. Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online di Universitas Dian Nuswantoro, Wacana, 18(2), 225–233.

Setyoko.,& Indriaty. 2018. Implementasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Google Classrom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika, Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 1(2), 5–10.

Kumar, J. A., & Bervell, B. 2019. Google Classroom for Mobile Learning in Higher Education: Modelling The Initial Perceptions of Students, Education and Information Technologies, 24(2), 333-355.

Supriatiningsih, N. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa tentang Pengukuran Sudut melalui Demonstrasi, Media Gambar dan Pemberian Tugas Bermakna, JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 3(2), 177-188.

Rasiman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik, Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 1–8.

Ponce, O. A., & Pagán-Maldonado, N. 2015. Mixed Methods Research in Education: Capturing the Complexity of The Profession, International Journal of Educational Excellence, 1(1), 111–135.

Batubara, H. H. 2016. Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari, Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 40–50.

Wulanzani, U. T., Lestari. U., & Syamsyuri, I. 2016. Hasil Validasi Buku Teks Matakuliah Biotekologi Berbasis Bahan Alam Tanaman Pacing (Costus Speciosus Smith) sebagai Antifertilitas, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1830–1835.

Sarwo, E. 2017. Penerapan Lesson Study dalam Peningkatan FKIP UM Gresik Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 21(2), 110–123.

Rivalina, R. 2005. Strategi Pemanfaatan E-Learning dalam Mengatasi Keterbatasan Jumlah Dosen, Kwangsan, 5(2), 129–145.

Sutrisna, D. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom, FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,13(2), 69–78.

Indira, G., & Purba, D. 2017. Pengaruh Strategi Blended Learning dalam Pembelajaran Kooperatif terhadap Motivasi Belajar Kalkulus II ditinjau dari Gaya Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Medan, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1036–1045, Universitas Negeri Medan.

Rahadian, D. 2012. Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Perguruan Tinggi, Jurnal Petik, 2(1), 1–7.

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Nissa, I. C. ., Febrilia, B. R. A. ., & Lestari, P. . (2020). PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ONLINE SEBAGAI DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI BIDANG PENDIDIKAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 90–98. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/317