ANALISIS KESALAHAN TATA TULIS BAHASA JAWA PADA MAHASISWA S1 PGSD UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mega Puspita Sari Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Tata Tulis, Bahasa Jawa

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk; 1) mendeskripsikan kesalahan dalam menulis huruf Jawa (huruf latin) pada mahasiswa PGSD Universitas PGRI Ronggolawe semester III; dan 2)mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan menulis huruf Jawa (huruf latin) pada mahasiswa PGSD Universitas PGRI Ronggolawe semester III. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kesalahan tata tulis Bahasa Jawa yang meliputi kesalahan pemakaian huruf vokal atau “unine swara”. Kesalahan yang pertama yaitu kesalahan penggunaan vokal [a] yang seharusnya menggunakan fonem vokal [a], tetapi ditulis dengan vokal [o]. Kesalahan yang kedua yaitu penggunaan vokal [ i ], tetapi ditulis dengan vokal [e]. Kesalahan yang ketiga yaitu penggunaan vokal [ u ], tetapi ditulis dengan vokal [ o ]. Kesalahan yang keempat yaitu penggunaan vokal [o], tetapi ditulis dengan vokal [a]. Faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut diantaranya 1)mahasiswa jarang bahkan ada yang belum pernah membaca tulisan resmi berbahasa Jawa yang benar; 2)Sudah lama tidak pernah mendapatkan pelajaran Bahasa Jawa apalagi pelajaran Bahasa Jawa tulis; 3) Kurangnya pemahaman tentang tulisan huruf Jawa atau yang sering dikenal dengan huruf hanacaraka; 4)Tidak pernah tahu tulisan huruf Jawa - yang sering disebut sebagai huruf hanacaraka ("a" diucapkan sebagaimana pengertian "A jejeg"); 5) Penulisan-penulisan yang salah tersebut malah sering digunakan dalam sehari-hari.

References

Ariyanti, E. (2015). Penggunaan Media Kartu pada Materi Ajar Menulis dan Membaca Aksara Jawa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(2).

Dewi, A. S. (2010). Kesalahan Berbahasa Jawa pada Menulis “Dialog” Siswa Kelas XII Bahasa di SMA 2 Rembang (Disertasi), Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Muhtadi, A. R. (2012). Analisis Kesalahan Menulis Surat Pribadi Bahasa Jawa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Segugus 4 Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo (Skripsi). Malang: Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Muslimah, N. (2014). Analisis Kesalahan Ortografi dalam Karangan Narasi Berbahasa Jawa Siswa Kelas XI di SMA N 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. ADITYA-Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 4(1), 14-19.

Rahmawati, N. I. (2010). Kesalahan Berbahasa Jawa pada Papan Nama Pertokoan di Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation: Universitas Negeri Semarang).

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2011. Bunyi-bunyi Distingtingtif Bahasa Jawa. Yogyakarta: Elmatera Publishing.

Setyawati, Nanik. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Published
2020-08-22
How to Cite
Wiratsiwi, W., & Mega Puspita Sari. (2020). ANALISIS KESALAHAN TATA TULIS BAHASA JAWA PADA MAHASISWA S1 PGSD UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN. Prosiding SNasPPM, 5(1), 99-103. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/318