PETRI NET DAN MODEL ALJABAR MAX PLUS PADA SISTEM PELAYANAN PASIEN POLI UMUM DI PUSKESMAS XYZ

  • Mualifatul Munawaroh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Subiono Subiono Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Petri Net, Maxplus, pelayanan Puskesmas

Abstract

Kesehatan merupakan komponen penting bagi kehidupan manusia, yang dimana harus diperhatikan. Dalam hal ini, pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang pelayanan kesehatan. Fasilitas tersebut seperti rumah sakit, puskesmas, klinik kesehatan dan sebagainya. Diharapkan setiap fasilitas tersebut dapat membantu melayani masyarakat dengan baik dan efektif. Salah satu contoh pelayanan kesehatan yaitu di Puskesmas, dimana disana terdapat antrian pelayanan yang sangat panjang dan terlalu lama dimana dapat merugikan banyak pihak yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sehingga banyak waktu terbuang selama proses menunggu antrian. Sehingga disini akan dibuat model aljabar Max Plus pada pelayanan pasien terutama pada poli Umum. Dalam sistem pelayanan pasien ada beberapa tahapan untuk membuat model aljabar Max Plus, dimulai dengan pengamatan dan pengambilan data tentang alur pelayanan di Puskesmas XYZ. Tahapan selanjutnya, membentuk model Petri Net alur pelayanan menggunakan software PIPE v4.3.0. Pasien akan dibatasi oleh dua kategori, yaitu pasien Umum dan pasien ASKES/BPJS. Tahapan terakhir membuat model aljabar Max Plus dari model Petri Net. Setelah diperoleh model aljabar Max Plus untuk pelayanan pasien Poli Umum di Puskesmas XYZ, kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis pada model aljabar Max Plus lamanya waktu dengan pelayanan selesai untuk pasien umum selain diperiksa di Lab membutuhkan waktu 30 menit, dan untuk pasien yang perlu diperiksa di Lab membutuhkan waktu 45 menit. Sedangkan untuk pasien ASKES/BPJS selain diperiksa di Lab membutuhkan waktu 25 menit, dan yang perlu diperiksa di Lab membutuhkan waktu 40 menit.

References

Cassandras, C.G. & Lafortune, S. 2008. Introduction to Discrete Event System. New York: Second edition, Springer Science+Business Media.

Subiono. 2020. Aljabar Min-Max Plus dan Terapannya. Surabaya: Jurusan Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Mustofani, D. & Afif, A. 2018. Model Antrian Pelayanan Farmasi Menggunakan Petri Net Dan Aljabar Max-Plus. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1.

Cahyani, M. 2015. Penggunaan Aljabar Max Plus dan petri Net untuk Etimasi Lamanya Sistem Pelayanan dan Kerja Karyawan Pemasangan Instalasi di PDAM. Surabaya: Tesis Jurusan Matematika Institut Tenologi Sepuluh Nopember.

Windiarni, R. 2016. Pembentukan Model Petri Net dan Aljabar Max Plus pada Alur Pelayanan Nasabah Bank. Yogyakarta: Skripsi Jurusan matematika UIN Sunan Kalijaga.

Published
2020-08-22
How to Cite
Mualifatul Munawaroh, & Subiono, S. (2020). PETRI NET DAN MODEL ALJABAR MAX PLUS PADA SISTEM PELAYANAN PASIEN POLI UMUM DI PUSKESMAS XYZ. Prosiding SNasPPM, 5(1), 123-131. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/323