ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK FURNITURE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT

Authors

  • Onny Purnamayudhia Universitas Wijaya Putra
  • Subaderi Subaderi Universitas Wijaya Putra Surabaya

Keywords:

Ergonomic Function Deployment, Validitas, Reliabilitas, Ergonomi, Antropometri

Abstract

Perancangan Desain Kursi dan Meja saat ini banyak mengalami kemajuan dari sisi inovasi dan kreatifitas. Penggunaan Kursi dan Meja tidak hanya untuk perabot Furniture di rumah saja namun dalam perkembangannya, Kursi dan Meja juga banyak digunakan diwilayah publik, baik itu digunakan untuk sarana diskusi atau tempat santai. Dalam Penelitian ini dirancang dengan metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Metode Pengumpulan dan Analisis data yang digunakan melaui wawancara dan kuesioner. Pengumpulan data dengan Penyebaran kuisioner dengan 9 (Sembilan) pernyataan. Selain itu hipotesis penelitian dengan Analisis uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk pengujian data menggunakan software SPSS. Sedangkan untuk dimensi tubuh dilakukan analisis data antropometri dan perhitungan percentil. Hasil pengujian data menghasilkan uji validitas yang menunjukkan valid dimana nilai r > 0,3. Selain itu, hasil uji reliabilitas menunjukkan Reliable dimana nilai cronbach’s alpha > 0,6

References

Astutik, Rina. 2015. Perancangan Meja Kerja Khusus Recycle Sampah Elektronik yang Ergonomis Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD), Universitas Dian Nuswantoro. Jurusan Teknik Industri, Semarang.

Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Damayanti, K. A. 2010, Ergonomic Function Deployment Sebuah Pengembangan Dari Quality Function Deployment, Jurnal, Surabaya. Lab APK dan Ergonomi Universitas Kristen Petra.

Deonalt Praharyo Wibowo, Laila Nasifah, Intan Berlianty. 2012. Perancangan Ulang Desain Kursi Penumpang Mobil Land Rover Yang Ergonomis Dengan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Makalah Penelitian Tugas Akhir, UPN “Veteran” Yogyakarta.

Eri Achiraeniwati, Yanti Sri Rejeki, Nur Rahman As’ad, Widi Pratama. 2015. Perancangan Ulang Kursi Kuliah Yang Ergonomis Di Universitas Islam Bandung Jl. Tamansari No. 1 Bandung. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Vol 6. No. 1, Bandung.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21

Siswiyanti. 2013. Perancangan Meja Kursi Ergonomis Pada Pembatik Tulis Di Kelurahan Kalinyamat Wetan Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 12, No. 2, Des. 2013, Tegal.

Rizky Sugianto Putri. 2014. “Hubungan Ukuran Meja dan Kursi Ergonomis dengan Kenyamanan melalui posisi duduk murid Taman Kanak-Kanak Dewi Sartika Surabaya”. Departemen Antropologi, FISIP, Universitas Airlangga, Surabaya. Biokultur, Vol. III/No. 1/Januari-Juni 2014.

Nurmianto, Eko. 2005. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya : Edisi Kedua. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Sembiring J.I, Suharyono, Kusumawati. A. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pelanggan (Studi Pelanggan McDonald’s Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 15. No. 1.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. Bandung : Alfabet.

Suharsimi, Arikunto.(2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka

Wignjosoebroto. 2008. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Surabaya, Guna Widya.

Additional Files

Published

2020-08-22

How to Cite

Purnamayudhia, O. ., & Subaderi, S. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK FURNITURE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT. Prosiding SNasPPM, 5(1), 132–141. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/324