ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING

  • Suzana Dewi Universitas Wijaya Putra
  • Suryo Atmojo Universitas Wijaya Putra
Keywords: E-Learning, Statistik Deskriptif

Abstract

Pada era teknologi informasi yang sangat berkembang pesat belakangan ini, membuat kegiatan E-Learning juga makin meningkat. Sehingga kegiatan E-Learning makin bervariasi bentuknya dan frekuensi penggunaannya juga mengalami peningkatan yang signifikan. Berbagai bidang studi maupun keilmuan mengadopsi sistem ini, karena praktis dan efisien, bisa dilakukan kapanpan, dimanapun dan berulang kali. Beda dengan sistem konvensional yang harus di jam tertentu dan lokasi tertentu dan tidak bisa diulang – ulang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan karena adanya kegiatan E-Learning bagi pembelajaran mahasiswa menggunakan statistik deskriptif. Adapun dari hasil pengujian statistik perhitungan kuisioner dari 136 mahasiswa diperoleh bahwa dari pertanyaan yang diberikan kepada mahasiswa didapatkan rata-rata jawaban terbanyak untuk nilai baik adalah pada pertanyaan nomor 6, yakni lama waktu tatap muka dan daring/online(1 sks = 30 menit). Sedangkan rata-rata untuk nilai sangat baik ada pada pertanyaan kuisioner nomor 1, 2 dan 3 yaitu mengenai kesiapan dosen memberikan kontrak kuliah dan RPS di awal kuliah, kesiapan dosen memberikan kuliah dana tau praktikum, serta kesiapan dosen menyampaikan bahan ajar perkuliahan yang sesuai dengan RPS dan di upload di SIM

References

Hasan, Iqbal, 2001. Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferentif).Edisi kedua.Jakarta:PT Bumi Aksara. n. California: Wadsworth Thomson Learning.

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Jakarta: Erlangga

Creswell, J. W. 2009. Research Design: Qualitatuve, Quantitative, and Mixed Approaches. Sage. Los Angeles .

Hadiana Aminudin, Adam., Dirgantara, Yudi., dan Rusnayati, Heni. 2016. Didactical Design Research (DDR) Pada Hukum Pascal Berdasarkan Kesulitan Belajar Siswa Kelas X man Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Gatot Priambodo, Caka . 2013. Pengaruh Penerapan E-Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Efektivitas Belajar Menurut Keragaman Siswa dan Orang Tua : Studi Kasus SMALB Pangudi Luhur Jakarta.

Published
2020-08-22
How to Cite
Dewi, S., & Atmojo, S. (2020). ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM E-LEARNING. Prosiding SNasPPM, 5(1), 154-157. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/327