PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASI, INDEPENDENSI DAN INTEGRITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT PADA INSPEKTORAT KABUPATEN NGAWI

  • Ahadiati Rohmatiah Universitas Merdeka Madiun
  • Dwi Nor Amadi Universitas Merdeka Madiun
Keywords: profesionalisme, Kompetensi, komitmen organisasi, independensi integritas auditor, kualitas hasil audit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profesionalisme, Kompetensi, Komitmen Organisasi, Independensi dan Integritas Auditor Terhadap Kualitas Hasil Audit Pada Inspektorat Kabupaten Ngawi. Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Inspektorat Kabupaten Ngawi yang bertugas sebagai auditor. Data populasi sebanyak 22 orang dipakai untuk obyek penelitian, data yang akan didapat, dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert berbentuk checklist dengan pernyataan pernyataan yang berkaitan dengan variabel-variabel penelitian bersamaan dengan 5 alternatif jawaban untuk mengukur setiap variabel penelitian. Variabel variabel yang diteliti dalam penelitian ini meliputi profesionalisme (X1), kompetensi (X2), komitmen organisasi (X3), independensi (X4), integritas auditor (X5) dan kualitas hasil audit (Y). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data diantaranya adalah uji pengaruh moderasi yakni Uji selisih mutlak quasi moderated dari Multiple Linear Regression (regresi linear berganda) dengan menggunakan perangkat lunak untuk statistik SPSS for windows. Dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa (1) profesionalisme memiliki pengaruh besar dalam hal positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit; (2) kompetensi memiliki pengaruh yang baik terhadap kualitas hasil audit; (3) komitmen organisasi memiliki pengaruh yang baik terhadap kualitas hasil audit; (4) independensi memiliki pengaruh yang baik terhadap kualitas hasil audit; (5); integritas auditor memiliki pengaruh yang baik terhadap kualitas hasil audit; dan (6) terdapat pengaruh yang baik profesionalisme, kompetensi, komitmen organisasi, independensi serta prinsip prinsip seorang Auditor terhadap kualitas hasil audit pada Inspektorat Kabupaten Ngawi.

References

Trisnaningsih, Sri. 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor. Simposium Nasional Akuntansi X. Unhas Makassar 26-28 Juli.

Mulyadi, 2002. Auditing, Buku Dua, Edisi Ke Enam, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.

Antonius Bonny Sampe Maralaman Marbun. 2015. Pengaruh Kompetensi, Independensi, Profesionalisme, Pengalaman Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Pekanbaru, Padang dan Medan). Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015.

Christiawan, Y.J. 2002. Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik. Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Journal Directory: Kumpulan Jurnal Akuntansi dan Keuangan Unika Petra. Vol. 4 / No. 2.

Mikhail Edwin. 2012. Pengaruh Independensi, Kompetensi, dan Profesionalisme terhadap Kualitas Audit. Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi. Vol 1, No.4, Juli.

Agestino, Andrey. 2009. Pengaruh Kompetensi Profesionalisme dan Batasan Waktu Audit terhadap Kualitas Audit. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Rima Rustiamalia. 2019. Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit Internal (Survei pada Inspektorat Kota Bandung, Inspektorat Kota Cimahi dan Inspektorat Kabupaten Bandung). Skripsi (S1) Thesis, Perpustakaan FEB Unpas

Sayu Gita Wulandari A.A. dan I Dewa Gde Dharma Saputra. 2018. Pengaruh Profesionalisme Auditor Komitmen Organisasi dan Etika Profesi Terhadap Kinerja Auditor KAP Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol 22 No. 1. Hal 23-30.

Agusti, R., & Pertiwi, N. P. (2013). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Se Sumatera). Jurnal Ekonomi Vol. 21, No. 3. September 2013.

Rahadi, A., 2016. Pengaruh Integritas Auditor Dan Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Internal (studi kasus pada PT. Perkebunan Nusantara VIII Bandung). Skripsi (S1) Thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Suyanti, T., Halim, A., & Wulandari, Retno. 2016. Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman, Akuntabilitas dan Objektivitas Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada KAP di Kota Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi. Vol. 4, No. 1, April 2016. Malang.

http://olam.ed.asu.edu/epaa/, diakses 12 Februari 1997).

Published
2020-08-22
How to Cite
Rohmatiah, A., & Amadi, D. N. (2020). PENGARUH PROFESIONALISME, KOMPETENSI, KOMITMEN ORGANISASI, INDEPENDENSI DAN INTEGRITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT PADA INSPEKTORAT KABUPATEN NGAWI. Prosiding SNasPPM, 5(1), 158-167. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/328